Apakah ini herpes zoster oftalmika? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya, seorang wanita berusia 21 tahun mengeluh kan mata terasa nyeri dan muncul bintil berisi air di samping mata kiri, nyeri terasa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah ini herpes zoster oftalmika?

    07 April 2021, 12:56

    Alo dokter, izin bertanya, seorang wanita berusia 21 tahun mengeluh kan mata terasa nyeri dan muncul bintil berisi air di samping mata kiri, nyeri terasa memberat saat berkedip. Mata juga terlihat merah.

    Pasien juga mengeluhkan agak lemas namun tidak demam, tidak ada penurunan penglihatan, mata sedikit berair.

    Pasien punya riwayat terkena cacar air, apakah ada kemungkinan ini herpes zoster oftalmika? Apakah bisa langsung diberikan pengobatan melalui chat online? Terimakasih sebelumnya.

07 April 2021, 13:07
ya kemungkinan jika sedang cacar air, bisa mengenai mata atau kelopak. beri tetes mata antibiotik (ofloxacin) 4xsehari 1tts. salep mata hervis 3xsehari. dioles dibg kelopak. untuk nyeri bisa diberikan analgetik non steroid
07 April 2021, 13:08
Baik dr. Dian, terimakasih atas informasinya ☺🙏
07 April 2021, 13:23
dr.Dewi Maryani SpKK
dr.Dewi Maryani SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Selamat siang sejawat alomedika
Kemungkinan besar memang ini adalah herpes zoster yg mengenai Nervus V.1  namun tidak menutup kemungkinan meluas ke V.2 ramus maksilaris.
Untuk area kulitnya, saran saya tetap diberikan terapi herpes zoster secara umum walaupun saat ini manifestasinya baru di sekitar kelopak  mataAcyclovir 5x800mg selama 7 hariApabila ditemukan lesi di konjungtiva (mata bengkak, merah berair) maka ditambahkan dengan steroid oral seperti methilprednisolon 2x 8 mg perhari. Apabika tidak ada maka steroid oral tidak perlu.
07 April 2021, 13:24
Baik dr. Dewi, terimakasih banyak atas informasinya ☺🙏