Anti aging pada pasien post Ca ginekologi - Andrologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Prof. Dr. dr. Wimpie Pangkahila, Sp.And-KSAAM, izin bertanya Prof 🙏Dalam praktek saya, seringkali menemui pasien dengan Ca ovarium dan endometrium yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anti aging pada pasien post Ca ginekologi - Andrologi Ask the Expert

    16 Februari 2021, 09:35

    Alo Prof. Dr. dr. Wimpie Pangkahila, Sp.And-KSAAM, izin bertanya Prof 🙏

    Dalam praktek saya, seringkali menemui pasien dengan Ca ovarium dan endometrium yang telah mengalami salphingo-oophorectomy. Di luar pengobatan kanker yang mereka derita, pasien-pasien tersebut juga mengeluhkan proses penuaan yang mereka rasakan secara drastis pada tekstur dan pigmentasi kulit, selain itu juga terdapat keluhan gangguan aktivitas seksual.

    Mohon tips dari Prof mengenai arahan, edukasi, atau mungkin pengobatan yang dapat kita berikan pada pasien-pasien tersebut

    Terimakasih sebelumnya Prof 🙏

16 Februari 2021, 09:42
dr. Wimpie Pangkahila
dr. Wimpie Pangkahila
Dokter Spesialis Andrologi

Selamat pagi dr Gabriele,

Pasien yang mengalami operasi salphyngoovarectomy apalagi bilateral pasti mengalami defisiensi hormon, walaupun masih ada hormon seksnya yang diproduksi oleh kelenjar supra renalis. Karena itu mereka mengalami gejala menopause walaupun mungkin usianya masih muda. Pemberian Hormone Replacement Therapy (HRT) tentu sangat membantu bagi perbaikan Kualitas Hidup mereka. Tetapi harus dipastikan dulu bahwa mereka sudah bebas dari sel kanker. Ingat sja, kontra indikasi HRT adalah keganasan. 

16 Februari 2021, 09:52

Baik Prof, terima kasih banyak Prof 🙏

16 Februari 2021, 19:04
dr. Adhitya Indrapraja
dr. Adhitya Indrapraja
Dokter Spesialis Kandungan
Izin menambahkan dr Gabriele...
Untuk pasien dengan keganasan ginekologis kita harus pastikan terlebih dahulu bahwa terapi yg dilakukan sdh terapi definitif yaitu tindakan operasi tanpa di sertai tindakan lanjutan spt kemoradiasi....artinya memang pasien Kanker ginekolog yg terdiagnosa masih stadium awal...dan bila kita sudah melakukan skrining yg ketat meliputi pemeriksaan papsmear dan Mammografi...barulah kita pertimbangkan pemberian obat2 untuk terapi sulih hormon..