Bagaimana edukasi akunpunktur elektrik kepada pasien? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam TS,belakangan ini ada video2 di instagram yang mempromosikan pen akunpunktur elektrik. Bentuknya memang kecil seperti pulpen dan diisi baterai...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana edukasi akunpunktur elektrik kepada pasien?

    19 Juli 2018, 21:21

    Selamat malam TS,


    belakangan ini ada video2 di instagram yang mempromosikan pen akunpunktur elektrik. Bentuknya memang kecil seperti pulpen dan diisi baterai yang diberi setting volume intensitas. Dalam video pun memproduksi kontraksi otot seperti TENS/TNS. Apakah ada TS yang berpengalaman untuk edukasi akupunktur yang baik dan benar? Terima kasih

19 Juli 2018, 21:46
malam dok..

sepengetahuan saya bila yg dimaksud adalah electroacupuncture, maka sebenarnya masih menggunakan jarum, yg kemudian distimulasi lg dengan aliran listrik.

alat yang ada seperti pada gambar nampaknya memang ingin mengambil manfaat TENS ya dok..
tp ya perlu dipastikan kembali, apakah memang daya listrik yg digunakan itu tepat, dan apakah sasaran stimulusnya tepat..

sebagai bahan pertimbangan:
https://aim.bmj.com/content/29/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed

mungkin jika ada TS lain yang berpengalaman di bidang akupuntur?
19 Juli 2018, 21:48
Alo dr.Melisa!
Ini topiknya unik sekali lhoo... Kebetulan saya sendiri tidak berpengalaman mengenai akupuntur. Namun, concern saya, apakah baik bagi kita menyarankan kepada pasien mengenai alat ini.
Saya sempat screening sedikit mengenai topik ini. Sepertinya penelitian yang tersedia adalah penelitian2 lama. Yang terbaru ada satu randomized controlled trial dipublikasi di Jurnal Pengobatan Tradisional Cina tahun 2014. Penelitian baru lainnya sepertinya kebanyakan pada hewan coba atau diterbitkan di jurnal-jurnal yang saya belum tau keabsahannya.. Sepertinya kalau saya pribadi masih butuh baca-baca lebih lanjut lagi supaya lebih yakin i do no harm kepada pasien.
kalo dokter ato TS lain punya source terkait topik ini, please share link nya.. trimakasih.
20 Juli 2018, 22:29
Baik TS terima kasih banyak untuk masukkannya.. semakin banyak masukan semakin baik kita memperluas ilmu 🙏