Adakah batas durasi pemakaian obat tetes mata kombinasi dexamethasone, polymyxcin B, dan Neomycin untuk konjungtivitis? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter di beberapa klinik dan poliklinik umum di rumah sakit saat ini apakah masih sering memberikan obat tetes mata kombinasi dexamethasone, polymyxcin...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Adakah batas durasi pemakaian obat tetes mata kombinasi dexamethasone, polymyxcin B, dan Neomycin untuk konjungtivitis?

    15 April 2019, 07:25

    Alo Dokter di beberapa klinik dan poliklinik umum di rumah sakit saat ini apakah masih sering memberikan obat tetes mata kombinasi dexamethasone, polymyxcin B, dan Neomycin untuk konjungtivitis pada pasien dengan konjungtivitis alergi/bakteri? (Walaupun ada juga dokter-dokter yang membatasi penggunaannya berhubung dengan efek samping jangka panjang glaukoma karena kandungan steroidnya)

    Bila ya, berapakah batas hari pemakaiannya ? atau simtomatik saja boleh ?

    Terima kasih sebelumnya

15 April 2019, 08:38

Alodokter!

Saya coba urun pendapat yaa dok. Setau saya, dexamethasone drops memang ditujukannya untuk penggunaan jangka pendek saja.

Kalo menurut pedoman tatalaksana dari jepang ini (https://doi.org/10.1016/j.alit.2016.12.004), penggunaan kortikosteroid drops hanya diberikan jika tatalaksana dengan antialergi tidak berespon baik. (tetapi saya kurang tau juga apakah di Indonesia sudah ada antialergi tetes mata).

Penggunaan kortikosteroid dikaitkan dengan berbagai efek samping seperti peningkatan tekanan intraokular, katarak, dan peningkatan risiko infeksi. mohon koreksi jika ada salah-salah yaa dok.

 

15 April 2019, 08:44
Untuk batas pendek ya dok.. baik dok.. tapi jumlah hari pemakaiannya tidak disebutkan ya (?)
15 April 2019, 08:47

iya dok.. saya belum menemukan sumber valid yang menyebutkan secara pasti jumlah harinya. Semmoga nanti ada TS yang bisa mengklarifikasi ya dok..