Abses apendiks - Bedah Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Sonny sp.B.Izin bertanya dokter, untuk tatalaksana abses apendik yang saya baca dapat dilakukan drainase perkutan. Apakah setelah itu perlu dilakukan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Abses apendiks - Bedah Ask The Expert

    24 Mei 2021, 09:31

    Alo dr. Sonny sp.B.

    Izin bertanya dokter, untuk tatalaksana abses apendik yang saya baca dapat dilakukan drainase perkutan. Apakah setelah itu perlu dilakukan apendiktomi dok ? kl memang iya, kapan ya dok waktu yang tepat untuk dilakukannya apendiktomi?Terima kasih dokter.

24 Mei 2021, 09:45

ALO Dokter Claudia!

 

Terima kasih atas pertanyaan nya. Operasi appendektomi untuk kondisi abses apendiks dapat dilakukan secara dini (appendektomi dini) maupun tertunda (appendektomi interval). Appendektomi dini merupakan appendektomi yang dilakukan segera atau beberapa hari setelah kedatangan pasien di rumah sakit. Sedangkan appendektomi interval merupakan appendektomi yang dilakukan setelah terapi konservatif awal, berupa pemberian antibiotika intravena selama beberapa minggu atau drainase per kutan. Appendektomi yang ditunda memberikan peluang untuk meredakan inflamasi hebat yang dapat menyebabkan komplikasi, seperti kesulitan menjahit stump apendiks yang inflamasi sehingga menyebabkan rekurensi karena lepasnya jahitan penutup stump apendiks. Selain itu, pada operasi appendektomi dini, tindakan operasi dapat meluas, hingga menjadi reseksi ileocaecal akibat dari tindakan iatrogenik saat pembebasan apendiks maupun tindakan reseksi kolon (hemikolektomi kanan) akibat ditemukannya keganasan saat operasi.

 

Drainase perkutan dengan kateter yang dipandu CT Scan dan USG abdomen. Setelah drainase, perbaikan klinis seharusnya terjadi dalam 48-72 jam. Bila kondisi membaik, maka apendektomi interval dapat dilakukan 6 minggu kemudian. 

 

Berikut saya berikan link artikel mengenai abses appendiks yang saya tulis ya dok: https://www.alomedika.com/penyakit/bedah-umum/abses-apendiks/penatalaksanaan

 

Juga saya berikan link artikel terakit waktu appendektomi interval: 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3351492/#:~:text=Interval%20appendectomy%20is%20traditionally%20performed,infection%5B33%2C34%5D.

 

Semoga membantu 

24 Mei 2021, 10:21
Terima kasih dokter ☺️☺️☺️