konsul pasien dengan vulnus amputatum - Diskusi Dokter

general_alomedika

alodoc.mohon ijin konsul pasien anak yg dtg ke pkm utk kontrol.2 minggu lalu os di bawa ibu nya ke pkm karena jari tengah terpotong saat bermain.saat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • konsul pasien dengan vulnus amputatum

    24 Januari 2019, 09:36

    alodoc.

    mohon ijin konsul pasien anak yg dtg ke pkm utk kontrol.

    2 minggu lalu os di bawa ibu nya ke pkm karena jari tengah terpotong saat bermain.

    saat pemeriksaan (saya tidak sempat foto lg) ditemukan vulnus amputatum dig 3 manus dextra hingga tersisa phalang proximal.

    saat itu perdarahan sudah tidak aktif, namun saya ragu utk menjahit bagian atas karena kondisi tulang phalang proximal yang lebih menonjol keluar dibanding kulit sekitar.

    akhirnya saya putuskan utk rawat luka, dan bebat tekan saja, dengan diberikan antibiotik oral, lalu rujuk ke faskes yang memiliki SpOT (ada SpB jg), sekitar 3 jam dari pkm saya.

    namun ternyata oleh keluarga hanya di bawa ke rs tipe D (tidak ada SpB), walau memang jaraknya lebih dekat sekitar 30 menit dr pkm. dan di rs tsb diberi penanganan dan tidak di rujuk ke fasilitas yg ada spesialisnya.

    saat ini pasien kontrol kembali utk gv dan mengatakan ingin buka jahitan (karena katanya 2 minggu kemungkinan sudah bs lepas jahitan). namun saat dibuka saya liat jahitan belum kering, dan sekitarnya tampak kemerahan dan agak membengkak. namun os tidak ada demam, nyeri saat ditekan (-) . dan bs bermain seperti biasa.

    akhirnya saya putuskan utk GV saja dan melanjutkan antibiotik serta rencana observasi lg hingga minggu dpn. 

    kira2 apakah perlu dirujuk lebih lanjut ke SpB perihal kemerahan dan bengkak sekitar phalanh proximal nya dok?

    terimakasih sebelumnya 🙏🙏🙏

24 Januari 2019, 09:40
tambahan foto tampak depan luka yang belum mengering
24 Januari 2019, 09:56
Menurut pendapat saya merah ini bisa jd karena ada proses infeksi ya dok. Baik itu infeksi di tulangnya osteomyelitis atau hanya infeksi jaringan sekitar.
Bisa juga hanya peradangan sekitar jaringannya. Krn tidak ada nyeri juga ya dok.

Kalau tidak ada klinis infeksi berat seperti nyeri, demam dan luka bernanah saran saya cukup dirawat jalan dlu.
Pemberian antibiotik bisa dilanjutkan. Juga luka masih blm benar2 kering 

Sarankan rawat luka rutin dlu saja agar bisa dipantau juga oleh Anda. Bila sewaktu2 tanda infeksi tampak jelas bisa segera dirujuk.
24 Januari 2019, 14:40
terimakasih banyak dok atas masukannya 😊🙏
24 Januari 2019, 12:09
Saya rasa diperlukan rujuk ke Sp.OT dok, karena sepertinya traumatic amputasinya berpotensi menjadi selulitis dan osteomylitis. Coba saya sarankan di lakukan rawat luka secara sterik dengan nacl 3% dan berika  antibiotik gol. Makrolid seperti clindamycin 2x300mg. Semoga bisa membantu
24 Januari 2019, 14:40
terimakasih banyak dok atas masukannya 😊🙏
24 Januari 2019, 13:42
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
Alodoc!
Dari foto tampak kulit sekitar luka operasinya hiperemis dan tegang. Hal ini menunjukkan ada nya infeksi pada luka operasi yg bisa diakibatkan penanganan awal yg tidak adekuat. Penanganan awal pada kasus traumatic amputation of the finger sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri oleh dokter umum, yaitu dengan melakukan repair stump. Setelah dilakukan anestesi digital block, luka dicuci bersih dgn cairan steril dan jaringan tulang yg berlebih bisa dirapikan dan dipotong dgn menggunakan knable tang sehingga kulit bisa menutup seluruh jaringan tanpa tension/tegangan.
Namun pada kondisi komplikasi seperti saat ini, maka saya anjurkan utk dilakukan debridement dan revisi stump, yg bisa dikerjakan oleh dokter bedah umum maupun orthopaedi. 
Semoga bermanfaat! 
24 Januari 2019, 14:40
siap dokter. terimakasih banyak dok atas masukannya 😊🙏
29 Januari 2019, 11:48
Terima kasih informasinya dok 🙏
24 Januari 2019, 13:48
Alodoc!
Berbagi info dari pengalaman saya sebelumnya. Untuk kasus amputasi jari, memang sebaiknya dilakukan sp.b/sp.ot atau dokter umum yang memang berpengalaman dikarenakan adanya proses pembersihan jaringan tulang yang menonjol untuk flap kulit agar tidak tense saat dijahit. Melihat foto klinisnya ada kemungkinan sudah terjadi suatu osteomyelitis atau sekedar infeks jaringan sekitar, saran saya kontrol langsung ke sp.B atau Sp.OT untuk diberi penanganan lanjut dan revisi flap nya. Semoga membantu 😊
24 Januari 2019, 14:41
terimakasih banyak dok atas masukannya 😊🙏
24 Januari 2019, 13:52
Alodoc. 
Sepertinya penanganan dan perawatan lukanya tidak adekuat ya. Lukanya masih membengkak, basah, yg semestinya bila sudah 2 minggu tdk demikian. 
Utk penanganan luka seperti ini, outputnya tergantung dari :
-teknik penjahitan. Sebaiknya lapis demi lapis. 
-pemilihan benang yg digunakan. 
-perawatan pasca tindakan
-kemampuan operator/ yg menangani luka. 

Sebaiknya pasien dirujuk saja ke Sp.B utk penanganan yg lebih baik. 

Terima ksh 
24 Januari 2019, 14:41
siap dok. terimakasih banyak dok atas masukannya 😊🙏
24 Januari 2019, 14:02
Alodok, memang jika mengingat waktu sejak hecting dilakukan hingga saat ini yang sudah berjalan 2 minggu,dengan kondisi penyembuhan luka yang tidak maksimal maka merujuk pasien untuk penanganan lanjut adalah opsi terbaik, terutama lagi untuk pasien anak (mohon maaf mungkin boleh dishare berapa usianya dok), yang mungkin akan jauh lebih sulit dibanding usia dewasa dalam manajemen perawatan post hecting dirumah. Terimakasih
24 Januari 2019, 14:41
terimakasih banyak dok atas masukannya 😊🙏
24 Januari 2019, 14:42
oh ya maaf dok. umurnya 2 th