Perubahan jadwal imunisasi varicella menjadi 2 dosis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, izin bertanya.Mengapa saat ini pemberian vaksinasi varisella pada bayi diberikan booster ulangan? Setau saya, dulu pemberian vaksinasi varisella...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perubahan jadwal imunisasi varicella menjadi 2 dosis

    05 Juli 2021, 10:59
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter, izin bertanya.

    Mengapa saat ini pemberian vaksinasi varisella pada bayi diberikan booster ulangan? Setau saya, dulu pemberian vaksinasi varisella hanya diberikan 1 kali tanpa adanya vaksinasi ulangan. Terima kasih.

05 Juli 2021, 12:28

ALO, Dokter..

Izin ikut berdiskusi ya, Dok.

Perubahan rekomendasi dari 1 dosis menjadi 2 dosis ini sebenarnya terjadi pada tahun 2006. Awalnya, ACIP hanya merekomendasikan 1 dpsos vaksin varicella untuk anak2. Lalu mengapa ACIP akhirnya merevisi rekomendasi ini dan menambahkan dosis kedua untuk semua anak-anak?

Dalam 10 tahun setelah vakisn pada tahun 1995, terjadi penurunan insidensi akibat infeksi varicella yang bermaksna. Begitu juga dalam hal rawat inap dan angka kematian terkait varicella. Meskipun 1 dosis diperkirakan 8-85% efektif, tetap terjadi lonjakan kasus pada populasi yang tingkat vaksinasinya tinggi. 

Regimen 2 dosis ini akhirnya diadopsi pada tahun 2006 untuk lebih mengurangi risiko penyakit varicella di antara orang yang divaksinasi (yang jumlahnya akan terakumulasi dari waktu ke waktu), sehingga dapat menghindari varicella yang lebih berat nantinya.

https://www.immunize.org/askexperts/experts_var.asp