Pasien wanita usia 25 tahun dengan Urtikaria Kronis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya punya pasien wanita usia 25th dengan urtikaria kronis (5bulan). Keluhan gatal seluruh tubuh merah dan bekas garukan ketika gatal. Gatal...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita usia 25 tahun dengan Urtikaria Kronis

    28 Mei 2021, 19:19
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, saya punya pasien wanita usia 25th dengan urtikaria kronis (5bulan). Keluhan gatal seluruh tubuh merah dan bekas garukan ketika gatal. Gatal muncul tiba2 dan tidak diketahui faktor penyebabnya. Sebelumya pasien tidak pernah memiliki keluhan serupa, riw alergi disangkal. Pasien sudah berobat dan diberi bedak tabur dan cetirizine. Sampai saat ini pasien masih meminum obat cetirizine +- 5bulan, awalnya 1 hari sekali namun sekarang hanya diminum pas gatal kira2 2 hari sekali. Setelah efek obat habisa gatal kembali timbul dan menggangu aktivitas karena seluruh tubuh dan dirasa panas cekit2. Saat ini pasien diberi obat cetirizine dan cimetidine. Apakah cetirizine boleh digunkan jangka panjang dok? Dan sampai kpan batas penggunaannya? Sebaiknya jika pasien datang lagi diberi terapi apa dok? Karena pasien tidak tau penyebab gatalnya. Terimakasih dok

28 Mei 2021, 19:29
Alodokter, izin ikut berdiskusi 


Penatalaksanaan urtikaria bergantung dari etiologi penyebab urtikaria. Urtikaria tidak akan sembuh apabila penyebab utama urtikaria tidak ditangani dengan baik. Prinsip pengobatan pasien urtikaria adalah mengurangi gejala pada pasien. 


Obat antihistamin diberikan dengan frekuensi dosis sekali sehari untuk meningkatkan kepatuhan pasien. Setelah gejala sudah terkontrol, pengobatan disarankan tetap dilanjutkan selama 3 – 6 bulan. Apabila pasien memiliki urtikaria dengan angioedema, maka pengobatan dapat dilakukan dengan jangka yang lebih panjang, yaitu 6 – 12 bulan.


Urtikaria akut dengan durasi kurang dari 6 minggu umumnya tidak memerlukan pemeriksaan penunjang tetapi ketika durasi urtikaria berlangsung lebih dari 6 minggu, pemeriksaan penunjang sebaiknya dilakukan. Sehingga penting sekali user melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui etiologi urtikarianya tersebut.


Berikut sumber yang saya baca, mungkin ada sejawat lain yang ingin menambahkan, CMIIW:


https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenereologi/urtikaria/penatalaksanaan


28 Mei 2021, 21:35
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih sebelumnya dok. Jika setelah 6bulan gejala masih sama tanpa angioedema apa boleh tetap melanjutkan antihistaminnya?