Urin Pagi Hari untuk Menyembuhkan Penyakit? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, selamat malam.Saya barusan mendapat pertanyaan tentang mengobati penyakit apapun dengan menggunakan urin pagi hari.Beliau mengatakan bahwa teman...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Urin Pagi Hari untuk Menyembuhkan Penyakit?

    03 Februari 2019, 21:21

    Alodokter, selamat malam.

    Saya barusan mendapat pertanyaan tentang mengobati penyakit apapun dengan menggunakan urin pagi hari.

    Beliau mengatakan bahwa teman kerja dan tetangganya pernah menggunakan 'terapi' tersebut dan penyakitnya sembuh. Beliau hanya mengatakan saat mata temannya merah, temannya tsb mengoleskan urinnya sendiri ke matanya dan kemudian sembuh  Teman yang lainnya pun bahkan sampai meminum urinnya sendiri dan mengklaim dia sembuh tanpa diketahui dengan jelas apa penyakitnya dan apa kriteria sembuhnya :) Saya sudah mencoba menjelaskan bahwa tindakan itu tidak benar, apa apa saja efek sampingnya. Namun beliau tetap tidak percaya karena sudah termakan testimoni tsb.

    Apakah ada saran Dok bagaimana edukasi yang sebaiknya diberikan bila selanjutnya menemukan kasus seperti ini lagi? Terimakasih banyak Dok.

03 Februari 2019, 23:54

selamat malam Dokter, untuk edukasi hal demikian biasanya saya kembali menanyakan ke pasiennya Dokter dengan persuasif dan pelan- pelan serta berusaha tampak netral dulu Dokter, oke baik Ibu atau Bapak boleh tau apakah sebelumnya sudah diperiksakan ke dokter untuk penyakitnya? dan apakah memang dinyatakan sembuh setelah menggunakan cairan urinnya? dan apakah sudah ditanyakan penggunaan pastinya dan berapa orang yang pernah diketahui benar2 sembuh berapa jumlah urin yang digunakan? urin siapa yang digunakan? nah jika memang tetap ada jawaban untuk semua pertanyaan demikian dijelaskan dengan netral Dok oke Bapak/Ibu urin itu berarti cairan yang sudah keluar dari tubuh ya, tentunya jika sudah keluar berarti dikarenakan bahan atau komposisi yang ada di dalamnya sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh, tubuh pun sudah berusaha menyaring dan meninggalkan yang penting serta membuang yang tidak penting, nah sekalipun beberapa orang ada yang sembuh dengan penggunaan cairan sisa ini apakah Ibu atau Bapak mau mengambil resiko dan yakin jika urin yang digunakan akan benar- benar efektif dan berguna? bagaimana jika ternyata pada urinnya ada bakteri atau infeksinya? tentu kita tidak mau mengambil resiko ya, nah sehingga alangkah lebih baik jika pengobatan itu setelah diperiksakan langsung dan sudah ada penelitian pastinya ya (umumnya saya demikian Dok) namun respon dan penerimaan pasien tentu berbeda- beda yang terpenting kita berusaha memberi arahan Dokter.

CMIIW

04 Februari 2019, 10:35
Sangat baik infonya Dok. 
04 Februari 2019, 15:49
Wah, terimakasih atas sarannya dok 🙏