Penyebab munculnya uban di usia muda - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, izin bertanya ya dok? Apakah penyebab rambun beruban pada usia muda bisa disebabkan akibat pemakaian minyak rambut yang tidak cocok? Karena yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penyebab munculnya uban di usia muda

    14 Desember 2019, 11:57

    Alodokter, izin bertanya ya dok? Apakah penyebab rambun beruban pada usia muda bisa disebabkan akibat pemakaian minyak rambut yang tidak cocok? Karena yang saya baca lebih disebabkan faktor keturunan, kekurangan vitamin B12, ataupun anemia. Dan apakah ada pengobatan secara medis untuk menghentikan pertumbuhan uban ini dok? Terima kasih dok🙏

16 Desember 2019, 10:16
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Iya dok. Memang penyebab uban di usia muda alias premature graying ini masih dipertanyakan nih. Ada yg menghubungkan dengan hal-hal berikut ini:

  • Defisiensi vitamin B12
  • Faktor yang meningkatkan stres oksidatif seperti stres emosional, konsumsi alkohol, penyakit kronis
  • Vitiligo
  • Konsumsi obat antimalaria atau kemoterapi
  • Malnutrisi
  • Defisiensi mineral seperti Cu atau Fe

Tapi mekanisme hubungan antara faktor-faktor tersebut dan premature graying juga masih dipertanyakan.

Pada pasien dengan premature graying, dokter juga harus mewaspadai adanya penyebab organik yang menyebabkan kondisi ini, misalnya albinisme, sindrom-sindrom genetik tertentu seperti sindrom Cross dan Prader-Willi, serta sindrom metabolik seperti fenilketonuria dan homosistinuria.

Untuk pengobatan secara medisnya, kalau pada penyebab yang reversibel seperti defisiensi vitamin B12 atau sindrom metabolik seperti fenilketonuria, cukup tangani penyebabnya dan keluhan akan membaik.

Tapi kalau untuk penyebab yang ireversibel atau tidak diketahui, sejauh ini sih belum ada obatnya Dok. Paling kalau memang mengganggu secara estetik, bisa sarankan pasien untuk menggunakan cat rambut.

16 Desember 2019, 12:31
Baik dok, terima kasih banyak dok😊🙏
16 Desember 2019, 10:41

Alo dokter Anggi,

Premature graying of hair/ rambut uban dini, penyebabnya masih paling utama genetik (autosomal dominant primary disease).

Dari referensi https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6290285/

disebutkan pathogenesis kegagalan efek antioksidan yang merusak melanosit,  di mana hal ini dapat disebabkan karena stress sinar ultraviolet, polusi, faktor emosi dan penyebab inflamasi, juga konsumsi alkohol. Tidak disebutkan mengenai pemakaian minyak rambut..

 

Berbagai vitamin dan mineral (biotin, kalsium, seng, tembaga, dan selenium) sering diberikan untuk mencegah dan menhentikan rambut uban dini, tetapi hasilnya belum menjanjikan. Terbaru adalah penambahan zat antioksidan dalam sampo, seperti Vitamin C dan E. Namun, kemanjurannya masih dipertanyakan.

CMIIW, terimakasih

 

16 Desember 2019, 12:31
Baik dok, terima kasih dok😊🙏
16 Desember 2019, 13:34
dr. Novandra Abdillah, SpPD
dr. Novandra Abdillah, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
👍👍
17 Desember 2019, 08:03
Nice sharing Dok.