Pasien laki-laki usia 26 tahun datang dengan keluhan terdapat benjolan pada pipi kiri sejak 1 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok. Izin bertanya dok, pasien lk, usia 26 tahun, datang dengan keluhan benjolan di pipi kiri sejak 1 bulan ini. Awalnya benjolan sebesar jerawat. Lalu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien laki-laki usia 26 tahun datang dengan keluhan terdapat benjolan pada pipi kiri sejak 1 bulan

    28 April 2021, 09:12
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dok. Izin bertanya dok, pasien lk, usia 26 tahun, datang dengan keluhan benjolan di pipi kiri sejak 1 bulan ini. Awalnya benjolan sebesar jerawat. Lalu pasien pencet pencet hingga keluar nanah dan darah. Kemudian benjolan membesar. Benjolan tidak nyeri, tidak gatal, tidak merah, Riw batuk lama (-), riw demam (-), riw penurunan BB (-), riw lemas (-)


    PF: ar. Facialis

    Tampak benjolan - 2,5 cm, kenyal, mobile (-), nyeri (-), berdungkul (-). 


    Izin berdiskusi dok, apa kemungkinan diagnosis bandingnya tumor jinak dok? Atau ada kemungkinan diagnosis banding yang lain dok? Apa saran dan terapi yang dapat kita berikan dok? 


    Makasih dok

28 April 2021, 10:48

Alo Dokter, izin ikut berdiskusi ya dok,

Dari sumber ini  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3667342/ dan dibandingkan dengan klinis benjolan yang dokter sebutkan sepertinya masih bisa ke arah cutaneous lymphoid hyperplasia (CLH) ya dok, atau dapat mungkin sebuah pyogenic granuloma atau spitz nevus.

Dan untuk kasus CLH biasanya dilakukan pendekatan konservatif karena biasanya akan hilang dalam beberapa minggu hingga bulan, namun bila tetap ada mungkin bisa dilakukan biopsi untuk melihat kemungkinan kondisi lain juga biopsi dapat bersifat kuratif. Bila terkonfirmasi CLH dapat diberikan antibiotik intra lesi, kortikosteroid dan dapat dilakukan eksisi.

CMIIW, mungkin ada pendapat dari TS lainnya dok?