Trombositosis pada bayi - Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Theresia izin bertanyaSaya mendapat cerita kasus anak bayi dengan keluhan demam 6 hari. Keluhan lain seperti muntah, diare, batuk, pilek, disangkal....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Trombositosis pada bayi - Anak Ask The Expert

    20 April 2021, 10:17

    Alo dr. Theresia izin bertanya

    Saya mendapat cerita kasus anak bayi dengan keluhan demam 6 hari. Keluhan lain seperti muntah, diare, batuk, pilek, disangkal. Saat diperiksa lab ditemukan trombositnya 1 juta, Hb dan leukosit normal. Pemeriksaan lab sudah diulang 2 kali dan hasil tetap sama. Kira-kira apa yang perlu kita curigai dengan hasil lab seperti ini Dok? Terima kasih..

20 April 2021, 11:11
dr.Theresia Santi SpA
dr.Theresia Santi SpA
Dokter Spesialis Anak

alo dokter. Sayang sekali data lengkap kasus ini tidak ada ya. Untuk menilai arah diagnostik pada anak dengan trobositosis, perlu diketahui riwayat penyakit sebelumnya, apakah ada riwayat penyakit kelainan darah dalam keluarga, riwayat pemakaian obat-obatan, dll. Secara umum, trombositosis dapat terjadi pada kasus-kasus infeksi. Selain itu, kasus-kasus hemolisis dengan gambaran pecahnya sel-sel darah atau gambaran leukosit yang berbagai rupa, seringkali pula terbaca sebagai peningkatan trombosit, sehingga diperlukan pemeriksaan Gambaran Darah Tepi untuk memastikannya. Penyakit- penyakit autoimun juga dapat memperlihatkan adanya peningkatan trombosit maupun penurunan trombosit. Untuk itu diperlukan pengambilan riwayat secara utuh dan menyeluruh dalam menegakkan diagnosis anak dengan peningkatan trombosit.