Pasien perempuan usia 69 tahun dengan Trombositosis - Diskusi Dokter

general_alomedika

selamat Siang Alodokter. Ingin menanyakan soal kondisi pasien. Pasien perempuan uria 69th, Datang dengan keluahan Sering Merasa kepala terasa berat(nyeri...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien perempuan usia 69 tahun dengan Trombositosis

    30 Mei 2022, 12:11
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    selamat Siang Alodokter. Ingin menanyakan soal kondisi pasien. Pasien perempuan uria 69th, Datang dengan keluahan Sering Merasa kepala terasa berat(nyeri kepala) kurang lebih 1minggu ini dok. Pelo gak ada, kelemahan sesi gak ada dok. Riw Batuk pilek lama disangkal. Riw penurunan berat badan(-) Riw stroke (+) 10thn yll.

    Riwayat penyakit HT dan DM ada 10th terahir. Rutin mengkonsumsi Metrormin 3x500, amlodipin 1x10mg(Pagi 06.00), Candesartan 1x16mg (malam 18.00)

    Namun 1 minggu terahir ini tensi suka naik pada siang atau malam hari sekitar 160/80(Pemeriksaan dengan alat tensi digital punya pasien dirumah.)

    Lalu dilakukan oleh pemerisikaan Lab. Dari hasil pemeriksaan Lab pasien memang ada anemia, gula darah yang belum terkontrol.

    Namun yang menjadi pernyanyaan saya kira2 penyebab trombositosis pada pasien ini apa ya dok kira2?

    Terimakasih

30 Mei 2022, 13:16

ALO dok, saya coba menjawab yah. Pada hasil lab ini selain kadar Hb, MCV dan MCH nya juga menurun ya dok, kemungkinan pasien mengalami anemia defisiensi besi. Trombositosis bisa ditemukan pada pasien dengan anemia. Selain itu, beberapa studi juga menunjukkan bahwa resistensi insulin dapat berpengaruh pada trombopoiesis melalui berbagai mekanisme.

Jadi, menurut saya pada pasien ini trombositosisnya bisa berhubungan karena komorbid diabetes dan anemia nya dok. untuk selengkapnya mengenai etiologi trombosis bisa dibaca di artikel ini ya dok: https://www.alomedika.com/penyakit/hematologi/trombositosis/etiologi

Trims