Trik anamnesis & pemberian rekomendasi untuk pasien dengan keluhan psikis - Jiwa Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Nova,  Izin bertanya, dokter..  Saat ini di platform Alodokter ada banyak sekali user (pasien) yang mempergunakan platform ini sebagai tempat aman...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Trik anamnesis & pemberian rekomendasi untuk pasien dengan keluhan psikis - Jiwa Ask The Expert

    12 Maret 2021, 15:30
    dr. Abi Noya
    dr. Abi Noya
    Dokter Umum

    Alo, dr. Nova, 

     

    Izin bertanya, dokter.. 

     

    Saat ini di platform Alodokter ada banyak sekali user (pasien) yang mempergunakan platform ini sebagai tempat aman untuk psikoventilasi. Ketika ada sejawat yang ingin bertukarpikiran mengenai cara menghadapi pasien seperti ini, umumnya saya akan menganjurkan rekan2 sejawat untuk lebih banyak mendengar dan memberikan afirmasi, serta validasi terhadap perasaan user. Barulah setelah semua keluhan dan uneg2 dikeluarkan, kita bisa memberikan tanggapan/anjuran dengan bahasa yang ramah, lugas, humanis, dan tidak bertele2. 

     

    Apakah cara ini sudah tepat, dokter?

     

    Selain itu adakah tips dalam memberikan anjuran untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan psikolog / psikiater tanpa memberi kesan negatif bagi user. Mengingat stigma negatif yang sudah terbentuk di beragam kalangan masyarakat terhadap kesehatan mental ini, sepertinya cukup challenging juga ya, Dokter.

     

     

    Mohon saran dan arahannya, Dokter. 

    Terima kasih. :) 

12 Maret 2021, 15:44
Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ
Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Alodokter,

Saya rasa sudah baik pendekatan yang dilakukan dokter dan juga saran kepada teman-teman sejawat. Terima kasih...

Dalam rangka mematahkan stigma kesehatan jiwa dan gangguan jiwa, tidak ada cara lain selain to the point untuk mengatakan kepada pasien agar berkonsultasi dengan psikolog klinis/psikiater. Dijelaskan juga: Apalagi kondisi pada masa pandemi, stresor psikososial sebagai stresor sekunder dari stresor COVID-19 itu sendiri ada banyak sekali. Multiple stressors at the same time ditambah lagi dengan problem-problem penyerta lainnya. Saya rasa dijelaskan bahwa memang kondisi seperti ini adanya, untuk soft bisa disarankan untuk mendapatkan Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial kepada pasien melalui aplikasi-aplikasi. Boleh dengan Alodokter juga. Karena ada keterbatasan kalau memakai aplikasi Sehat Jiwa dan SehatPedia dari Kementerian Kesehatan. 

Empathetic Attunement juga menjadi prinsip utama dalam menghadapi pasien. Menempatkan diri dokter pada posisi pasien. Good luck ya, dok!

12 Maret 2021, 15:49
dr. Abi Noya
dr. Abi Noya
Dokter Umum
Terima kasih banyak insightnya dr. Nova, sehat dan sukses selalu. 😊