Trauma tumpul liver dengan terapi konservatif - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore dok, ijin bertanya pertanyaan dari user, anak 14 thn mengalami trauma tumpul di perut sehingga menyebabkan robekan di liver, namun tidak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Trauma tumpul liver dengan terapi konservatif

    18 Maret 2019, 14:02

    Selamat sore dok, ijin bertanya pertanyaan dari user, anak 14 thn mengalami trauma tumpul di perut sehingga menyebabkan robekan di liver, namun tidak dioperasi, diobservasi di icu selama 3 hari, ketika membaik pasien dipulangkan. Berapa lama pasien harus istirahat sampai ia dapat menjalani aktivitasnya seperti biasa ya dok? dan apakah sudah boleh berolahraga? karena anaknya adalah pemain tenis, mohon sharingnya dokter, terimakasih ­čÖĆ

18 Maret 2019, 14:46

Selamat sore dok,

Mengenai trauma tumpul liver dari artikel yang saya baca, pada anak jika hemodinamiknya stabil maka dianjurkan untuk non operatif, tapi tetap tergantung grade laserasinya. Kemudian disarankan jika non operatif, maka absen dari olahraga selama 3 bulan, sedangkan jika operatif dapat absen olahraga selama 6 bulan.

Berikut terlampir artikelnya dok https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2788451/

semoga bermanfaat. cmiiw

18 Maret 2019, 14:54
Baik dok, trimakasih jawabannya dok, sangat membantu ­čÖĆ
18 Maret 2019, 15:00
Alo Dokter 
Sebaiknya jgn buru2 memulangkan pasien dgn trauma tumpul abdomen, liver ataupun lien. Kejadian rebleeding kembali pernah sy hadapi pada pasien trauma hepar dgn hemodinamik stabil terapi konservatif yg buru2 pulang krn mau ujian kenaikan kelas, 3 hari pasca rawat inap. 

Be aware ya utk trauma tumpul abdomen, apalagi dgn tanpa jejas yg jelas kelihatan.

Semoga membantu. 
18 Maret 2019, 16:17

Terimakasih banyak Dr. Rudi...

18 Maret 2019, 16:19
Trimakasih infonya dokter, apakah ada obat-obatan khusus yang diberikan selama terapi konservatif dok? atau cukup dengan vitamin dengan kandungan protein tinggi?
18 Maret 2019, 16:35
Yg penting bedrest total, dgn asupan gizi yg baik. 
Antibiotik analgetik dibutuhkan, mengingat hematoma subkapsuler yg tidak diabsorbsi, akan membentuk subkapsuler abses nantinya. 

Semoga penjelasannya membantu. 
18 Maret 2019, 16:47
Baik dokter, terimakasih penjelasannya, sangat bermanfaat dokter ­čÖĆ
18 Maret 2019, 17:34
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter!
Rekomendasi umum masa pemulihan utk kembali beraktivitas pasca trauma liver dengan penanganan non operatif yaitu sekitar 3-4 bln. Hal ini sesuai dengan proses penyembuhan dari trauma liver itu sendiri yaitu sekitar 4 bln. Berikut saya lampirkan literatur yg mendukung ttg klasifikasi serta penanganan trauma liver.
Semoga bermanfaat! 
wses_classification_and_guidelines_for_liver_trauma.pdf