Penjahitan kulit pada pasien di daerah kepala yang disertai hematom subkutan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya pernah dapat pasien cedera kepala dengan luka robek disertai hematom Subkutan pada Kepala. Bagaimana tips untuk hecting luka robek tersebut,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penjahitan kulit pada pasien di daerah kepala yang disertai hematom subkutan

    08 Februari 2021, 22:40
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, saya pernah dapat pasien cedera kepala dengan luka robek disertai hematom Subkutan pada Kepala. Bagaimana tips untuk hecting luka robek tersebut, ketika kondisi jaringan sekitar oedem karena hematom, yang membuat tepi luka satu sama lain jauh/agak sulit menyatu untuk dijahit?

    Terimakasih sebelumnya.

15 Februari 2021, 09:57

Alo dr. Anon, 

Sebetulnya hematom subcutan bisa dievakuasi bila hematoma sangat besar. Tapi pada kondisi dokter, saya tidak mengetahui sebanyak apa hematom subkutan yang terakumulasi di kepala. 

Berdasarkan pengalama saya, pasien dengan vulnus laceratum bagian kepala saya jahit secara primer. Pada bagian kepala pasien memang ada hematom subcutan tetapi tidak sampai menganggu jaringan sekitar hingga kesulitan untuk hecting primer. 

 

 

15 Februari 2021, 10:00
ALO, dokterSebaiknya bila ada hematom atau clot, dilakukan evakuasi hematom dan clot dulu sebelum dijahit ya dok. Sebaiknya juga tidak menjahit dalam kondisi tepi luka yg tegang atau tension. Bila memungkinkan dilakukan undermine luka (pembebasan jaringan kulit dengan jaringan longgar di bawahnya) sehingga kulit tidak tension untuk ditautkan dengan penjahitan. Semoga membantu ya dok.
15 Februari 2021, 10:02

Terima kasih dr. Sonny, sangat membantu.