Terapi peninggi badan untuk remaja usia 17-25 tahun - Ortopedi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, dr. Elfikri Arsil, Sp.OT, mohon maaf izin bertanya dokter, apakah terapi peninggi badan itu bermanfaat dalam meninggikan badan dokter, dan apakah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Terapi peninggi badan untuk remaja usia 17-25 tahun - Ortopedi Ask the Expert

    23 September 2022, 15:55
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, dr. Elfikri Arsil, Sp.OT, mohon maaf izin bertanya dokter, apakah terapi peninggi badan itu bermanfaat dalam meninggikan badan dokter, dan apakah berbahaya jika melakukan terapi peninggi badan?serta apakah ada vitamin, susu, atau makan yang khusus selain yang mengandung kalsium tinggi dokter? Terimakasih dokter.

23 September 2022, 16:11
dr.Elfikri Asril, SpOT
dr.Elfikri Asril, SpOT
Dokter Spesialis Ortopedi
Alo Dokter,
Secara teori manusia masih memiliki kemungkinan bertambah tinggi jika lempeng pertumbuhan masih belum menutup, rata-rata diusia 18 th. Kalau mengenai terapi tinggi badan yang dimaksud adalah terapi ditarik2, saya tidak merekomendasikannya, karena risikonya berbahaya bisa cedera saraf, fraktur dan sebagainya.
Sebenarnya manusia memiliki potensi untuk mencapai tinggi tertentu kombinasi dari genetiknya. Potensi itu ada nilai rangenya dari minimal ke maksimal, di beberapa orang mencapai potensi maksimal di beberapa orang tidak. Yang bisa dilakukan untuk mencapai potensi maksimal adalah mencukupi gizi dengan diet yang baik, aktivitas fisik dan istirahat cukup. Dan yang paling berpengaruh adalah saat masa masa growth spurt.
Suplemen selain kalsium yang diperlukan tulang adalah vitamin D