Terapi inhalasi anak asma exaserbasi akut di masa pandemi - Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Ijin bertanya dr Wahyuni SpA(K). Di masa awal pandemi, terjadi semacam pembatasan penggunaan terapi inhalasi untuk asma exaserbasi akut di RS. Pembatasan ini...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Terapi inhalasi anak asma exaserbasi akut di masa pandemi - Anak Ask The Expert

    03 Mei 2021, 15:21
    dr.Theresia Santi SpA
    dr.Theresia Santi SpA
    Dokter Spesialis Anak

    Ijin bertanya dr Wahyuni SpA(K). Di masa awal pandemi, terjadi semacam pembatasan penggunaan terapi inhalasi untuk asma exaserbasi akut di RS. Pembatasan ini terjadi baik disengaja maupun tidak, yaitu misalnya ada RS yg dlm SOPnya sengaja melarang penggunaan nebulisasi di RS, maupun dokter yg menghindari nebulisasi, krn kekhawatiran tindakan aerosolosasi generating prosedure. (Biasanya dokter jd lbh memilih menganjurkan inhalasi di rmh maupun dgn alat spacer..)

    Nah, namun stl 1 tahun pandemi, saat ini ada pemeriksaan2 skrining cepat yang mulai available spt rapid antigen, dan PCR jg bs didapat dlm wakru singkat.. 

    Pertanyaannya, apakah saat ini msh dihindari tindakan nebulisasi pd anak asma eksaserbasi akut,.atau adakah anjuran khusus dari divisi respirologi anak dalam hal ini. Terimakasih..

03 Mei 2021, 15:40
dr. Wahyuni Indawati SpAK
dr. Wahyuni Indawati SpAK
Dokter Spesialis Anak

Terima kasih Dr Santi atas pertanyaannya,

Rekomendasi pembatasan nebulisasi memang merupakan rekomendasi global tidak hanya di Indonesia. Namun memang tetap perlu dilihat indikasinya , misalnya indikasinya kuat ( serangan asma ) maka dengan fasilitas yang ada saat ini sebaiknya dipastikan apakah pasien sudah dibuktikan bukan covid 19. Jika status infeksi meragukan prosedur tetap dapat dilakukan dengan tentu dilakukan pada ruangan khusus dengan petugas menggunakan APD. Prinsipnya jika terindikasi tetap dapat dilakukan dengan memperhatikan upaya pencegahan transmisi Covid 19.

Salam