Terapi cegukan untuk pasien usia 70 tahun dengan hipertensi dan riwayat stroke - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam dok. Ingin bertanya mengenai terapi cegukan terus menerus yg aman pada pasien usia 70 th dgn riwayat stroke HT (150/70) Depresi . yg dengan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Terapi cegukan untuk pasien usia 70 tahun dengan hipertensi dan riwayat stroke

    08 Februari 2020, 18:25
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat malam dok. Ingin bertanya mengenai terapi cegukan terus menerus yg aman pada pasien usia 70 th dgn riwayat stroke HT (150/70) Depresi . yg dengan terapi berkaitan dgn lambung tidak ada perbaikan. Terima kasih sebelumnya

08 Februari 2020, 19:17

Malam Dok, izin bantu menjawab.

untuk terapi cegukan atau hiccup terdapat beberapa pilihan obat, Dok. diantaranya bisa diberikan Chlorpromazine (FDA approved), tapi efek sampingnya bisa menyebabkan hipotensi, retensi urin, dan delirium.

pilihan lain bisa diberikan Gabapentin, Metoklopramid, dan Baclofen. 

Baclofen merupakan salah satu DOC namun bisa menyebabkan delirium pada pasien dengan gagal ginjal dan efek samping lain berupa sedasi dan dizziness.

Sebagai tambahan, menurut sumber yang saya baca memang salah satu pencetus terjadinya cegukan berkepanjangan karena gangguan pada saraf pusat, selain itu juga bisa dari efek samping obat-obatan (seperti dexamthasone, diazepam), mungkin sebagai pelengkap bisa juga ditanyakan mengenai riwayat obat yang dikonsumsi agar terapi yang diberikan bisa lebih maksimal. serta hasil lab fungsi ginjal salah satunya juga bisa dipertimbangkan dalam pemilihan terapi mengingat banyak yang memiliki efek samping pada ginjal, serta kondisi pasien juga dalam usia geriatri.

CMIIW.

(source: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3114667/)

08 Februari 2020, 20:04
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf
Pilihan utama untuk intractable hiccups adalah baclofen