Pasien dengan gatal dan rasa terbakar pada area vulva - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Saya memiliki pasien dengan keluhan gatal rasa terbakar di vulva sudah4 hari sebelum datang ke saya( sekitar labia mayora dan minora kedua sisi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan gatal dan rasa terbakar pada area vulva

    11 Mei 2022, 13:13
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter. Saya memiliki pasien dengan keluhan gatal rasa terbakar di vulva sudah4 hari sebelum datang ke saya( sekitar labia mayora dan minora kedua sisi pasien) . Riwayat hubungan seksual, pemakaian sabun dikelamin tidak ada.

    Keluhan seperti sebelumnya pernah dialami pasien saat pakai pembalu bermerk tertentu atau tjba2 saja, namun hilang sendiri, namun kali ini tidak menghilang, pasien sangat tidak nyaman.

    Pemfis eritem di labia mayora, luarannya seperti skuama putih, keputihan (+)

    Sebaiknya diberi antibiotik anaerob langsung atau dengan cefixim dan kortikosteroid dulu ya dok?

    Pasien saat ini lagi konsumsi rutin MTX karena ada riwayat autoimun. Terimakasih dok.

11 Mei 2022, 14:19

Alo Dok, ijin ikut berdiskusi ya Dok, setahu saya masih mungkin ini disebabkan oleh iritasi karena alergi terhadap pembalut atau faktor lain yang memicu alerginya. Paparan pada alergen berulang dapat memperburuk reaksi alerginya. 

Kalau dari saya, mungkin saya akan memberikan obat untuk gatalnya terlebih dahulu seperti cetirizine, dan lalu evaluasi kembali. 

Untuk membantu resolusinya, perlu edukasi pasien untuk menjaga kebersihan seperti sering mengganti pembalut agar tidak lembab. 

Kalau misalnya belum membaik juga, keputihan masih ada dan tidak dapat ditentukan dari klinisnya saja, saya akan coba memeriksa duhnya terlebih dahulu, untuk mencari etiologi penyebabnya. 

Mohon koreksinya, semoga membantu.