Tata laksana anak menelan kancing baju - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter, izin konsultasi saya mendapatkan kasus anak laki laki usia 3 tahun menelan kancing baju, mengeluh perut dan dadanya sakit, bagaiamna penanganan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tata laksana anak menelan kancing baju

    Dibalas 05 April 2024, 15:15
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO Dokter, izin konsultasi saya mendapatkan kasus anak laki laki usia 3 tahun menelan kancing baju, mengeluh perut dan dadanya sakit, bagaiamna penanganan yang sesuai, apakah perlu penanganan segera ke IGD? terima kasih dokter. 

05 April 2024, 15:15
dr. Andrea
dr. Andrea
Dokter Umum

Alo dok,

Biasanya, menelan kancing baju berisiko rendah dan seharusnya dapat melewati saluran pencernaan dengan mudah. Namun, untuk menangani kasus ini dengan tepat, diperlukan penggalian riwayat yang lebih detil.

Pertama-tama, perlu untuk memeriksa apakah ada benda asing yang tersangkut di orofaring yang menyebabkan tersedak, dan berikan saran tentang pertolongan pertama. Penting juga untuk mendapatkan informasi dari orang tua, apakah mereka melihat anak menaruh benda asing di mulut atau menelannya, atau apakah benda asing itu hilang dan diasumsikan ditelan oleh anak.

Selain itu, perlu dikonfirmasi jenis benda yang ditelan atau hilang. Ada beberapa jenis benda yang berisiko tinggi, seperti baterai kecil (baterai jam, mainan), magnet, benda asing besar (>6cm), benda tajam seperti jarum atau pisau, timah pancing, serta polimer penyerap air seperti water beads (yang digunakan dalam dekorasi/rangkaian bunga).

Perhatikan juga gejala yang mengkhawatirkan, seperti mengeces, kesulitan bernapas, atau sulit minum/makan, serta nyeri perut saat diperiksa. Untuk keluhan nyeri perut dan dada yang disampaikan oleh orang tua pasien, perlu informasi lebih lanjut dari orang tua di sini tentang apa yang mereka maksud dengan nyeri perut & dada - apa yang mereka amati pada anak berusia 3 tahun?

Namun, jika tidak ada gejala yang mengkhawatirkan dan benda asingnya bukan termasuk dalam kategori berisiko tinggi, maka tidak perlu intervensi lebih lanjut.

Jika benda asing itu dianggap berisiko tinggi, pertimbangkan untuk melakukan foto rontgen (pada anak kecil, foto dada/abdomen atas dapat diambil dalam 1 film rontgen) untuk melihat posisi benda tersebut.

Kebutuhan untuk endoskopi tergantung pada jenis benda asing dan posisinya. Misalnya, butiran polimer yang membesar mungkin tidak menyebabkan sumbatan esofagus tetapi dapat menyebabkan sumbatan di pilorus/usus kecil, sedangkan baterai kecil berisiko tinggi jika berada di esofagus tetapi berisiko lebih rendah jika telah melewati lambung tanpa menunjukkan tanda-tanda peritonitis.

https://www.youtube.com/watch?v=G3PBWL3RBOk

04 April 2024, 16:23
Alo dokter,melihat keluhannya ada nyeri dada dan perut ini adalah gejala akut yang serius,disarankan untuk segera ke IGD untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,sebaiknya orang tuanya diingatkan untuk tidak memicu refleks muntah ya.