Penanganan yang tepat seperti apa untuk kasus papiloma pada leher - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter,Saya ijin bertanya, bagaimana tatalaksana papiloma di kulit leher, untuk di faskes layanan primer (dokter umum)..Terimakasih,Salam sejawat 🙏

Diskusi Dokter

29 April 2021, 15:13

Alo Dokter, izin ikut berdiskusi ya Dok, untuk papilloma atau kutil umumnya dapat hilang sendiri dan tidak berbahaya namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Pada layanan tingkat primer, untuk penanganannya dapat menggunakan obat dengan kandungan asam salisilat yang berfungsi untuk pengelupasan kulit. Namun jika belum juga hilang dan jumlah semakin banyak serta muncul keluhan penyerta, mungkin sudah diperlukan tindakan prosedur medis untuk penanganannya (seperti krioterapi, sinar laser). Mungkin ada pendapat dari TS lainnya? CMIIW.

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22292461/

https://www.aad.org/public/diseases/a-z/warts-treatment

30 April 2021, 07:47
Alo Dokter,
Setuju dok, kasus paliloma umumnya tdk butuh penanganan khusus krn biasanya hilang sendiri (walaupun kadang baru hilang dlm hitungan tahun) serta dk menimbulkan keluhan apapun kecuali masalah estetis. Utk dokter umum, paling mudah meresepkan obat dgn salisilat (teredia merk Ca*llusol) yg berfungsi sbg keratolitik. Kalau pasien butuh cepat bisa dirujuk ke dokter kulit atau estetis utk dilaser atau pakai TCA dok.