Tanda bahaya mata merah - Mata Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Sidik, Sp.M(K)Izin bertanya Dok. Tanda bahaya yang menandakan bahwa suatu kasus mata merah mungkin bersifat serius kira-kira apa saja ya, Dok? Tanda...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tanda bahaya mata merah - Mata Ask the Expert

    20 Desember 2021, 10:51
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Sidik, Sp.M(K)

    Izin bertanya Dok. Tanda bahaya yang menandakan bahwa suatu kasus mata merah mungkin bersifat serius kira-kira apa saja ya, Dok? Tanda bahaya yang bisa membedakan mata merah yang serius dari kasus mata merah yang tidak berbahaya seperti konjungtivitis. Terima kasih, Dok.

20 Desember 2021, 11:03
dr. Muhammad Sidik
dr. Muhammad Sidik
Dokter Spesialis Mata

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pertanyaan sejawat sangat bagus karena memang ada beberapa hal memang yang perlu diwaspadai pada mata merah.

Pada mata merah yang tidak disertai gangguan penglihatan, kita dapat beranggapan bahwa tidak terjadi gangguan pada media refraksi seperti kornea, aquos humor, lensa dan badan kaca. Pada keadaan ini kita tidak perlu terlalu kuatir karena biasanya gangguan terjadi pada conjunctiva (conjunctivitis) atau sclera (scleritis).Hanya pada kasusu scleritis kita harus lebih ber-hati2 karena bisa berulang dan harus dicari penyakit yang mendasarinya.

Pada Mata merah yang disertai gangguan penglihatan, kita harus lebih ber-hati karena hal ini dapat berujung pada kebutaan.

Mata merah yang disertai dengan gangguan penglihatan dapat disebabkan oleh peradangan kornea (Keratitis atau ulkus kornea), Glaukoma akut ( biasanya diserta nyeri kepala hebat, dapat sampai muntah2), Uveitis (radang pada iris dan badan siliar) atau Endophthalmitis  (radang , terutama karena infeksi, seluruh bola mata).

Terima kasih