Suplementasi selenium apakah sudah terbukti bermanfaat untuk penanganan pada nodul tiroid - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Saya izin bertanya, apakah suplementasi selenium bermanfaat untuk mengobatan nodul tiroid?Dan berapakah dosis harian selenium yang...

Diskusi Dokter

19 Maret 2021, 09:41

Alo Dokter

Beberapa studi yang ada saat ini menunjukkan bahwa suplementasi selenium dapat mengurangi level antibodi thyroperoxidase dan memperbaiki kualitas hidup pada kasus tiroiditis autoimun. Selain itu, beberapa studi juga menunjukkan bahwa selenium dapat memperbaiki skor klinis dan kualitas hidup pasien Grave's disease. Namun, mayoritas studi-studi ini masih memiliki jumlah sampel yang terbatas. Hasil yang ditunjukkan antar studi juga masih bertentangan dan saat ini belum ada konsensus mengenai dosis suplementasi yang pasti.

Dosis selenium yang direkomendasikan untuk tiap orang diperkirakan tergantung pada kadar selenium serum basal orang tersebut dan juga asupan makanannya. Rekomendasi antar jenis kelamin juga mungkin berbeda. Karena belum ada konsensus, pasien mungkin dapat disarankan mengonsumsi selenium dari sumber alami, misalnya sereal, ikan, dan daging.

Berikut referensi lebih lengkapnya ya Dok:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5307254/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26313901/