Stem Cell untuk penanganan tuli sensorineural apakah sudah tersedia di Indonesia - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok, selamat malam, izin bertanya, apakah di Indonesia sudah ada prosedur stem cell untuk terapi Tuli Sensorineural? Karena ada user yang mengatakan bahwa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Stem Cell untuk penanganan tuli sensorineural apakah sudah tersedia di Indonesia

    06 November 2019, 21:17

    Alodok, selamat malam, izin bertanya, apakah di Indonesia sudah ada prosedur stem cell untuk terapi Tuli Sensorineural? Karena ada user yang mengatakan bahwa dokternya memberikan opsi stem cell untuk tulinya yang terjadi secara mendadak. Terimakasih, mohon sharingnya 🙏

07 November 2019, 06:56

Pagi dokter,

Dari info yang saya dapat memang sudah ada terapi stem cell di Indonesia, namun saat ini baru tersedia di beberapa Rumah Sakit saja. Mengenai apakah terapi stem cell ini juga sudah tersedia untuk pengobatan tuli sensorineural di Indonesia, saya belum menemukannya.

Untuk terapi stem cell sendiri, memang menunjukkan adanya keberhasilan terapi, tapi saya baru temukan untuk studi pada sampel hewan. Mungkin ada dokter yg lbh tahu dan bs menjawab.

Terimakasih

07 November 2019, 11:58
Baik Dok, terimakasih.
07 November 2019, 07:08
dr.Suyanti, Sp THT-KL
dr.Suyanti, Sp THT-KL
Dokter Spesialis THT
Alo doc
tuli sensorineural, terjadi akibat kerusakan pada sel rambut ataupun spiral ganglion spiral di telinga dalam. Dan apabila terjadi umumnya kita habilitasi dengan  alat bantu dengar (ABD) ataupun dengan implan koklea.
Saat ini memang dikembang prosedur mesenkimal stem cell untuk tatalaksana tuli sensorineural, dan percobaan ya baru dilakukan pada binatang percobaan..jadi sampai saat ini saya belum mendapatkan literatur penggunaan stem sel sebagai tatalaksana tuli sensorineural pada manusia..
Mungkian ada masukan dari sejawat yang lain 
Terima kasih
07 November 2019, 11:59
Baik Dokter, terimakasih atas infonya, sangat bermanfaat.