SKP ARTIKEL - Keamanan Pemeriksaan Radiologi pada Kehamilan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter!Pemeriksaan radiologi pada kehamilan merupakan topik yang masih dalam perdebatan hingga saat ini. Efek radiasi terdiri dari efek stokastik dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • SKP ARTIKEL - Keamanan Pemeriksaan Radiologi pada Kehamilan

    01 September 2021, 09:42

    Alo Dokter!


    Pemeriksaan radiologi pada kehamilan merupakan topik yang masih dalam perdebatan hingga saat ini. Efek radiasi terdiri dari efek stokastik dan nonstokastik atau deterministik. Efek stokastik adalah kerusakan seluler di tingkat DNA yang bisa menyebabkan kanker atau mutasi germinal, sedangkan pada efek nonstokastik, akibat paparan dari radiasi dosis tinggi dapat mengakibatkan kerusakan kromosom. 


    Efek X-ray pada janin dapat berupa abortus spontan, teratogenesis, karsinogenesis dan mutagenensis. Setiap pemeriksaan radiologi memiliki dosis fetal yang berbeda-beda dan batas maximal adalah 5 rad. Selain dosis, using janin juga menentukan besarnya resiko pada janin. Sebaiknya menghindari pemeriksaan radiologi pada usia kehamilan dibawah 20 minggu karena masih dalam pembentukan organogenesis. Sebaiknya, dalam kehamilan menghindari pemeriksaan radiologi kecuali ada kondisi tertentu dan harus dipertimbangkan resiko dan manfaat nya terlebih dahulu. 



    Yuk, baca lebih lengkap artikelnya di aplikasi Alomedika. Setelah itu, Dokter dapat mengerjakan post test dan mendapatkan 2 SKP IDI beserta 25 Alomedika Poin.

    Klik link ini dari aplikasi Alomedika di HP Dokter:

    https://alomedika.onelink.me/qZen/69ef68be

01 September 2021, 09:54

terimakasih infonya

01 September 2021, 09:58
Terima kasih info nya dok, meluncur ke artikel