Tata laksana untuk pasien yang salah meneteskan obat telinga ke mata - Diskusi Dokter

general_alomedika

saya ada pasien salah tetes mata cloramfenikol 0.5% tertukar dengan tetes telinga 1% apa tatalaksana yg harus dilakukan dan apa yg bisa di timbulkan

Diskusi Dokter

09 Desember 2022, 08:39

ALO Dokter! Kesalah meneteskan obat telinga ke mata memang bukan kasus yang jarang, karena bentuk sediaan obat yg mirip. Kesalahan ini biasanya tidak berdampak berat tapi bisa menyebabkan rasa sensasi perih/ terbakar di mata, kemerahan, bengkak, bahkan penglihatan buram. Pertolongan pertama yang dapat diberikan adalah mengirigasi mata dengan air mengalir atau cairan normal saline, setelah itu melakukan kompres dingin. Bila gejala yang dirasakan cukup berat atau terdapat penurunan visus, maka pasien sebaiknya diarahkan ke IGD terdekat.

Di Alomedika juga ada artikel red flag mata merah, selengkapnya bisa dibaca di sana ya Dok https://www.alomedika.com/red-flag-mata-merah-disertai-nyeri

Terimakasih

11 Desember 2022, 17:13
Alo Dokter,
Kejadian salah memberikan obat pada mata adalah salah satu kejadian yang cukup sering terjadi. Biasanya kesalahan terjadi karena bentuk obat mata yang berbentuk kecil sehingga seringkali pasien salah memberikan. Pada prinsipnya, untuk semua kasus salah memberikan obat pada mata adalah dilakukan pengecekan jenis obat yang diberikan. Bila memang yg diberikan adalah tetes telinga antibiotik biasanya tidak akan menimbulkan kondisi serius, biasanya yang akan terjadi adalah iritasi dan rasa tidak nyaman pada mata. Bisa disarankan untuk mencuci mata dengan air mengalir selama 15-20 menit, sambil meminta pasien untuk mengedipkan mata lebih sering. Bisa kita bantu dengan pemberian artificial tears sebanyak satu tetes sebanyak 6 kali. Apabila obat lain yang dicurigai memiliki kandungan basa, maka penting sekali pasien untuk segera dibawa ke IGD untuk dicuci dengan saline sampai PH nya turun. Pastikan juga untuk menghindari kesalahan dikemudian hari dengan tidak menggabungkan peletakan obat tetes mata dan telinga, dan menggunakan tetes tersebut dalam waktu yang berbeda. Semoga membantu.
20 Desember 2022, 12:57
Terimakasih banyak dokter penjelasan nya, izin bertanya sedikit, jika obat yg mengandung sifat basa perlu dilakukan irigasi hingga pH turun, adakah parameter untuk memastikan nya dok? Atau hanya dilakukan dlm kurun wktu tertentu ?
Untuk selanjutnya apkh diperbolehkan menggunakan artificial tears? karena ada beberapa kasus diberikan obat tsb untuk meringankan gejala tidak nyaman di mata.
25 Desember 2022, 05:45
Untuk kasus dimana memang terkena zat basa memang lebih baik bisa kita lakukan pemeriksaan menggunakan kertas lakmus. Bisa kita hentikan irigasi apabila PH nya sudah mencapai 7. Namun seringkali saat melakukan irigasi, tenaga medis sering melupakan bagian forniks atau kelopak mata bagian dalam ya, bagian itu juga harus dibersihkan ditakutkan zat aktifnya masih tersisa. Biasanya saya menyarankan untuk menggunakan 2 kolf NaCL untuk irigasi mata. Untuk artificial tears dan tetes mata antibiotik boleh diberikan setelah kita lakukan irigasi ya, sambil di rujuk pasien untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya oleh Dokter Mata. Dosis nya sendiri tergantung bisa diberikan 6 kali satu tetes sampai tiap jam 1 tetes, bergantung pada ringan atau berat nya mata pasien. Semoga membantu ya
25 Desember 2022, 06:29
Terimakasih banyak dokter advicenya, sangat membantu🙏