Salah pemberian vitamin A berisi 200.000 IU kepada anak usia 4 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya mendapat pertanyaan dari user yang mempunyai anak usia 4 bulan yang mendapatkan vitamin A dari Posyandu. Vitamin yang diberikan adalah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Salah pemberian vitamin A berisi 200.000 IU kepada anak usia 4 bulan

    27 Februari 2020, 20:04

    Alo dokter, saya mendapat pertanyaan dari user yang mempunyai anak usia 4 bulan yang mendapatkan vitamin A dari Posyandu. Vitamin yang diberikan adalah kapsul merah yang spt kita tahu berisi 200.000 IU. Adapun setahu saya, pemberian vitamin A mulai diberikan pada usia 6 bulan serta rekomendasi asupan ideal pada usia di bawah 1 tahun adalah 400 mcg. Itupun terpenuhi dari ASI jika Ibu asupannya cukup.


    Ibu mengeluhkan anak nya muntah pasca pemberian vitamin ini. Apakah hal ini perlu perhatian serius, seperti apa penanganan selanjutnya dan adakah pertolongan pertama jika menemui kasus ini?


    Terimakasih atas perhatiannya, mohon asupaAlo dokter, saya mendapat pertanyaan dari user yang mempunyai anak usia 4 bulan yang mendapatkan vitamin A dari Posyandu. Vitamin yang diberikan adalah kapsul merah yang spt kita tahu berisi 200.000 IU. Adapun setahu saya, pemberian vitamin A mulai diberikan pada usia 6 bulan serta rekomendasi asupan ideal pada usia di bawa 1 tahun adalah 400 mcg. n, btk

27 Februari 2020, 20:32
Alo dokter, selamat malam

Untuk usia 4 bulan memang asupan vitamin A yang direkomendasikan yaitu 400mcg. Pemberian lebih dari itu dapat memiliki risiko toksisitas. Gejala umum yang mungkin ditimbulkan antara lain muntah dan anoreksia yang dapat terlihat diusia 4 bulan. Tatalaksananya sendiri bersifat suportif, kemudian edukasi ibu maupun keluarga pasien agar tidak memberikan asupan yang kemungkinan mengandung vitamin A pada pasien. 

Pada usia dibawah 2 tahun, cenderung hindari penyaranan terapi medikamentosa dalam konsultasi online walaupun obat tersebut termasuk dalam golongan bebas, karena dosis yang dibutuhkan bergantung dari berat badan dan lebih berpotensi mengalami efek samping. Sehingga saran terbaik pada keluarga pasien ialah untuk tidak menunda kunjungan ke dokter. 


28 Februari 2020, 17:31
Baik terima kasih dok asupannya
03 Maret 2020, 19:55
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa
Izin ikut menyimak dok. Terima kasih atas informasinya 🙏