Red Flag Pasca Operasi Hernia Inguinalis - Bedah Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Sonny Saputra, Sp. B, izin bertanya dokter.Seorang user mengeluhkan terkait kondisi ayahnya yang berusia 47 tahun, dimana pasca seminggu operasi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Red Flag Pasca Operasi Hernia Inguinalis - Bedah Ask the Expert

    24 Mei 2021, 08:36

    Alo dr. Sonny Saputra, Sp. B, izin bertanya dokter.

    Seorang user mengeluhkan terkait kondisi ayahnya yang berusia 47 tahun, dimana pasca seminggu operasi hernia inguinalis, terdapat perubahan dimana penis atau skrotum ayah nya terlihat membengkak, tapi tidak memenuhi atau pun tidak terasa nyeri.

    Apakah hal itu termasuk salah satu red flag yang perlu diwaspadai dokter? Atau apakah ada red flag tertentu yang perlu diwaspadai?

    Terimakasih sebelumnya dokter.🙏

24 Mei 2021, 08:57

ALO dr. Nurul!

 

Terima kasih atas pertanyaan nya. Salah satu risiko yang dapat terjadi pasca operasi hernia inguinalis adalah terjadinya edema pada lokasi operasi hingga ke scrotum. Hal ini masih wajar terjadi pada hari-hari pertama pasca operasi. Untuk membantu mengurangi pembengkakan, letakkan kompres es yang dibungkus handuk di area yang bengkak selama 15 hingga 20 menit 3 hingga 5 kali sehari. Dokter juga dapat menggunakan ibuprofen untuk membantu mengatasi pembengkakan. Namun bila bengkak terjadi terus menerus dan tidak menunjukkan perbaikan, perlu dicurigai adanya hidrokel pasca operasi hernia dan sebaiknya segera kontrol kembali ke dokter spesialis bedah. 

 

Berikut saya berikan link kasus jarang yang dapat terjadi pasca operasi hernia, yaitu hidrokel post operasi hernia: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19184055/ 

24 Mei 2021, 09:10
Baik dokter, terimakasih banyak atas informasinya dokter 🙏