Puasa pada kehamilan setiap trimester - Obgyn Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter Adhitya, izin bertanya dok, sebenar nya apakah puasa itu dianjurkan atau tidak ya dok pada pasien yang sedang hamil? Dan apakah berbeda...

Diskusi Dokter

23 April 2021, 15:01
dr. Adhitya Indrapraja
dr. Adhitya Indrapraja
Dokter Spesialis Kandungan
 
 
 
 
Alo dr. Reren Ramanda…
 
Secara syariah islam, puasa tidak diwajibkan pada Ibu Hamil dan menyusui tetapi apabila mampu dan tidak membahayakan kesehatan bagi ibu dan  janinnya maka diperbolehkan untuk berpuasa dibulan ramadhan, karena pada prinsipnya hanya memindahkan waktu makan dan minum dari siang hari ke saat magrib sampai dengan subuh.
sebelum berniat untuk menjalankan ibadah puasa sebaiknya ibu hamil terlebih dahulu memeriksakan kondisi kesehatan kehamilannya kepada dokter kandungan, dimana dokter akan menilai secara keseluruhan status kesehatan fisik ibu secara lengkap sd hasil skrining laboratorium, kemudian akan dilakukan pemeriksaan keadaan janin dalam kandungan. Apabila kondisi ibu dan janin optimal, tidak dijumpai keadaan patologis spt hiperemesis gravidarum, anemia defisiensi besi, hipertensi dalam kehamilan, diabetes gestational dll…maka ibu dipersilahkan untuk melaksanakan puasa. Saat berpuasa, yang harus diingatkan bahwa kecukupan Kalori, kebutuhan zat makro nutrien spt karbohidrat, protein dan lemak…serta mikro nutrien essensial spt asam folat, zat besi, kalsium, Zinc, dll  serta vitamin2 harus terpenuhi secara seimbang.
Bila kita membaca berbagai jurnal tentang puasa dalam kehamilan memang akan kita jumpai pro dan kontra tentang efek samping dari berpuasa terhadap kehamilan, tetapi secara umum selama kehamilannya baik,,puasa tidak akan menyebabkan kondisi cacat janin dan kondisi yang fatal terhadap tumbuh kembang janin, jadi jangan ragu untuk menyarankan berpuasa pada ibu hamil setelah kita memastikan kondisi ibu dan janin baik.
berikut saya sertakan beberapa jurnal di eropa ttg efek berpuasa terhadap kehamilan…semoga bermanfaat..
 
 
 

 

23 April 2021, 15:40
Baik dokter,  terima kasih banyak dokter