Apakah berpuasa bisa menyebabkan abortus? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dokter. Pagi ini saya mendapat konsultasi dari user yang mengaku menjadi parno setelah melihat postingan di internet dari sumber yang belum saya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah berpuasa bisa menyebabkan abortus?

    08 Mei 2019, 05:41

    Selamat pagi dokter. 

    Pagi ini saya mendapat konsultasi dari user yang mengaku menjadi parno setelah melihat postingan di internet dari sumber yang belum saya cari tau. Pada postingan kurang lebih berisikan bahwa "ada" kejadian keguguran karena berpuasa, yang belum diketahui apakah benar atau tidaknya. 

    Bagaimanakah pendapat dokter sekalian? 

08 Mei 2019, 06:19
dr.Samira
dr.Samira
Dokter Umum
Alo docs, izin menyampaikan pendapat. Mungkin dapat digali lagi apakah kehamilan yang dialami user tersebut memiliki penyukit sebelumnya karena pada kasus ini sebenarnya belum dapat dipastikan apakah faktor nutrisi yang menyebabkan janin mengalami perburukan mengingat kasusnya terjadi mendadak. Secara umum literatur mengungkapkan tidak ada perbedaan berarti yang dapat memperngaruhi kondisi janin saat puasa namun memang perlu dieaspadai pada kasus kehamilan dengan penyulit seperti preeklampsi (faktor resiko IUGR) dan penyulit lainnya. Semoga membantu dan mohon pencerahan TS Spesialis Kandungan untuk kasus ini 🙏🙏..
08 Mei 2019, 06:21
dr.Samira
dr.Samira
Dokter Umum
Alo docs, izin menyampaikan pendapat. Mungkin dapat digali lagi apakah kehamilan yang dialami user tersebut memiliki penyulit sebelumnya karena pada kasus ini sebenarnya belum dapat dipastikan apakah faktor nutrisi yang menyebabkan janin mengalami perburukan mengingat kasusnya terjadi mendadak. Secara umum literatur mengungkapkan tidak ada perbedaan berarti yang dapat mempengaruhi kondisi janin saat puasa namun memang perlu diwaspadai pada kasus kehamilan dengan penyulit seperti preeklampsi (faktor resiko IUGR) dan penyulit lainnya. Semoga membantu dan mohon pencerahan TS Spesialis Kandungan untuk kasus ini 🙏🙏..
08 Mei 2019, 07:33
Sudah digali dokter, tidak ada keluhan saat ini, user hanya konfirmasi karena parno setelah melihat postingan tersebut 
08 Mei 2019, 06:38
Alo docs
Akhir akhir ini memang cukup banyak ya user yang bertanya mengenai keamaan puasa saat sedang hamil.
Kalau saya selalu arahkan untuk kontrol ke dokter kandungan sebelum puasa. Untuk dipastikan keamaannya. Karena ketika nanti terjadi sesuatu pada janin, walau ada banyak faktor yang mungkin terjadi dan berpengaruh,pasien tentu menganggap keputusan berpuasa juga memberi andil.
Dengan diperiksa oleh dokter spesialis kandungan tentu pasien juga merasa lebih mantap dan tenang ketika berpuasa. Dan kita juga terbebas dari "tuduhan" pasien karena memberi saran yang tidak tepat. Karena kita tidak mengetahui keadaan pasien dan janinnya secara langsung

Thx dok
Mohon koreksi sejawat lain
08 Mei 2019, 07:34
Sudah dokter, sudah saya sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan kondisi user yang sebenarnya. 
08 Mei 2019, 07:34
Sudah dokter, sudah saya sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan kondisi user yang sebenarnya.