Post Sirkumsisi Anak usia 2 tahun - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat Malam dokter senior dan teman2 sejawat,Izin konsul utk pasien anak usia 2 tahun dengan fimosis grade IV pro sirkumsisi oleh spBA metode manual kauter...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Post Sirkumsisi Anak usia 2 tahun

    31 Maret 2022, 19:37
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat Malam dokter senior dan teman2 sejawat,

    Izin konsul utk pasien anak usia 2 tahun dengan fimosis grade IV pro sirkumsisi oleh spBA metode manual kauter (dengan menggunakan lem, minimal jahitan).

    Tampak foto pertama alat kelamin anak Hari ke 4 post sirkumsisi. 

    Tampak foto kedua alat kelamin anak Hari ke 5 post sirkumsisi. Glans penis kemerahan, dan pada saat palpasi glans penis teraba kencang, tidak lembut. Demam (+) namun turun dengan paracetamol. Anak tidak ada keluhan, dan tidak tampak kesakitan. Obat lain yang diberikan : cefixime syrup dan benoson salep. 

    Sejak sirkumsisi, aliran kencing jadi kecil, tapi kencang pressurenya, terdapat prolong urination karena aliran kecil, namun tdk ada nyeri berkemih.

    Izin diskusi :

    1. Apakah normal gambar pada anak tsb, seperti agak miring penisnya (apakah disebabkan karena edema nya) atau terjadi kesalahan gagal sirkumsisi?

    2. Apakah glans penisnya radang kemerahan mengarah ke balanitis? Apakah terapi yang diberikan cefixime oral dan benoson salep sudah tepat?

    3. Apakah keluhan urinasi nya normal mengingat edema(+) nya atau harusnya tidak ada gangguan urinasi post sirkumsisi?

    4. Izin saran dan advis selanjutnya 

    Terimakasih banyak dokter senior, dan teman2 sejawat sekalian

31 Maret 2022, 20:39
Mohon izin Dok, mungkin bisa dianamnesis lebih lanjut ke pasiennya ttg perawatan luka post sirkumsisinya bgmn? Apakah sudah sesuai?
Utk menyingkirkan kemungkinan infeksi sekunder akibat perawatan luka yg tdk sesuai.Izin Dok, menurut sy penis tampak agak miring karena edema, bukan karena sirkumsisi yg gagal 🙏🏻
Edemanya sendiri mungkin akibat dari tindakan anestesi lokalMohon advice jg dari sejawat yg lain 🙏🏻
31 Maret 2022, 21:44
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

terimakasih banyak dokter Fathul utk jawabannya. Utk terapi perawatan luka post sirkumsisi nya baik dok, selalu dibersihkan dengan octenidine setiap ganti pampers. Untuk anestesinya sendiri kemarin menggunakan bius total, mohon sharingnya dok bila menggunakan bius total, apakah biasanya akan ditambah bius lokal jg dok terimakasih sblmnya

01 April 2022, 16:48
781
31 Maret 2022, 20:59
Izin menjawab, Pada foto kedua tampak krusta pada gland penis, ini adalah normal pada proses awal pemulihan kulit, sepertinya tadinya terdapat paraphimosis, atau perlengketan mukosa pada mukosa gland, aliran urine mungkin tertahan oleh krusta ini, mengenai edema, itu karena ada lipatan kulit mukosa yg tertahan oleh krusta, saran saya rawat luka luka khitan dengan kompres NaCl 0,9% sampai semua krusta nya lepas sendiri.
31 Maret 2022, 21:45
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

terimakasih dr Yudi untuk jawabannya . Setuju dok menurut sy lubang uretranya bisa tertahan krn edema atau krusta ya dok. Kalau menurut dokter untuk glans penisnya sendiri berwarna kemerahan apakah ada tanda2 ke radang? dan untuk terapi yang diberikan sudah tepat utk menangani radangnya dok🙏🏻 terimakasih sblmnya dok

31 Maret 2022, 22:03
Karena munculnya krusta baru 1 hari, biasanya memang berwarna kemerahan, maka pemberian antibiotik provilaksis akan mencegah terjadinya infeksi. krusta nanti pada hari selanjutnya akan berubah makin gelap atau kecoklatan sampai hitam, dan akhirkan akan lepas sendiri, kompres NaCl akan membantu proses pelepasan krusta ini, hindari penggunaan povodon iodine secara berlebihan.
01 April 2022, 12:46
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

terimakasih dokkk. Boleh sharing dok efek samping penggunaan povidone iodine yg berlebihan?🙏🏻 supaya bs saya berikan masukan kpd pasien ybs.

31 Maret 2022, 21:38
Alo dokter.saya rasa sejawat seharusnya memberi arahan agar pasien konsul ulang ke Sp.B.
31 Maret 2022, 21:47
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

Alo dokter Yunus, terimakasih untuk jawabannya. Pasien sudah konsul ke spB namun kurang puas dengan hasil jawaban SpB jwbnnya "hanya gesekan pampers". Jadi yang bersangkutan meminta konsul / sharing kepada saya dok. 😊🙏🏻

31 Maret 2022, 21:59
dr. Khairuddin Hamdani Sp.P
dr. Khairuddin Hamdani Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Dulu sy sering ikut sirkumsisi massal, mgkin udah lbh 300 anak sy khitan he. gpp itu dok, kasus d atas sangat sering sy dapati. ntr akan membentuk krusta mengering dan bisa lepas dan lukanya akan bagus sendiri, yang penting perawatan luka aja dok.
31 Maret 2022, 22:05
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

Halo dokter Khairuddin, terimakasih banyak utk jawabannya. Baik dok, jadi utk  edema di glans penisnya kemerahan tdk mslh ya dok. Untuk urinasi nya apakah memang seperti yang dikeluhkan normal dok di awal sirkumsisi (flow urin kecil, prolong urination dsbnya)?Utk tatalaksana yang diberikan cefixime oral dan benoson salp sudah benar ya dok? terimakasih byk dokter sebelumnya utk arahannya😊🙏🏻

31 Maret 2022, 22:08
dr. Khairuddin Hamdani Sp.P
dr. Khairuddin Hamdani Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Gpp dok, AB & salepnya sudah tepat asal tipis aja penggunaannya.  Bisa karena oedem & inflamasinya dok mknya aliran masih kecil. Nnti akan membaik.
01 April 2022, 12:45
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

Terimakasih banyak dok untuk saran dan advisnya 😊 sehat selalu dok

01 April 2022, 13:20
dr. Sandra Harisandi, Sp.B
dr. Sandra Harisandi, Sp.B
Dokter Spesialis Bedah
Sepertinya masih dalam batas normal dok, bius umum, jg kadang2 tetap di tambah anestesi lokal utk mengurangi nyeri pasca op.
Teruskan rawat saja, dg nacl cukup. Obat2an sy rasa sudah sesuai, apalgi yg memberikan nya Sp bedah anak. Evaluasi saja 1 minggu lg, ketika krusta lepas, edema berkurang, flow urin harusnya normal kembali.
01 April 2022, 13:48
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

halo dokter Hari, Terimakasih banyak dok utk jawabannya dan advisnya. Akan saya lanjutkan kepada pasien yang berkaitan. Terimakasih banyak ya dok 😊🙏🏻

01 April 2022, 16:22
Izin diskusi dokter,
Dari pengalaman giat khitan selama ini, keadaan seperti pada gambar tersebut masih dalam keadaan normal.
Dengan perawatan luka yang teratur
Antibiotik dan antinyeri serta vitamin C yang adekuat, luka akan sembuh.
Pengalaman membutuhkan waktu 2 - 3 minggu.Mohon koreksinya bila ada kekeliruan.
05 April 2022, 09:09
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

Halo Dokter  Ode, Terimakasih banyak utk jawaban dan advisnya. Akan saya sampaikan kepada pasien yang bersangkutan. 😊🙏🏻

05 April 2022, 11:05
Saya juga pernah dapat kasus seperti ini dok, cukup lanjutkan terapi ditambah kompres nacl  0 9% saja dok sampai krustanya mengering dok