Polyp hidung apakah harus di tatalaksana dengan pembedahan - THT Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Sekti Sp.THT-KL(K), Selamat pagi dokter, ijin bertanya untuk polyp hidung apakah harus di tatalaksana dengan pembedahan atau ada terapi lain...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Polyp hidung apakah harus di tatalaksana dengan pembedahan - THT Ask The Expert

    16 November 2021, 09:06
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Sekti Sp.THT-KL(K), 

    Selamat pagi dokter, ijin bertanya untuk polyp hidung apakah harus di tatalaksana dengan pembedahan atau ada terapi lain non-bedah? Supaya tidak terjadi polyp hidung, apa yang sebaiknay dihindarkan? terima kasih dokter 

16 November 2021, 10:07
dr. Sekti Joko SI SpTHT K
dr. Sekti Joko SI SpTHT K
Dokter Spesialis THT

terimakasih atas pertanyaannya dok..  Polip hidung merupakan penyakit multifaktorial, bisa disebabkan dari infeksi, inflamasi non infeksi seperti alergi dan non alergi, kelainan anatomis, abnormal genetik, dan beberapa teori  polip ini sebagai manifestasi dari inflamasi kronis. Utk tatalaksana bisa dilakukan dgn pembedahan dan non pembedahan tergantung dari derajatnya. Berdasarkan hasil endoskopi, dapat ditentukan derajat keparahan polip nasal, yaitu: 

Derajat 0: Tidak terdapat poli

Derajat 1: Polip terbatas hanya pada meatus medius

Derajat 2: Polip melebihi meatus medius, namun tidak menutup rongga hidung

Derajat 3: Polip menutup rongga hidung

 

 Utk derajat 1, bisa diberikan polipektomi medikamentosa dgn pemakaian steroid. Jika tidak ada perbaikan dan sudah meluas ke derajat 2 dan 3 maka dilakukan pembedahan. 

Untuk pencegahannya sendiri juga tergantung penyebabnya, misal suatu rinitis alergi utk mengundari faktor pencetusnya seperti debu dll. Selain itu kita juga sarankan untuk cuci hidung setiap harinya dgn menggunakan larutan salin (NaCl 0,9%).

Semoga membantu

16 November 2021, 10:53
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

Terima kasih dokter. Sangat bermanfaat.