Pasien dengan pitting edema unilateral pada tungkai - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dok, izin berdiskusi saya mendapatkan pasien edema tungkai sebelah kiri +/- 1 bulan yg lalu, riwayat jatuh di tungkai kiri bulan Desember. Saat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan pitting edema unilateral pada tungkai

    25 Januari 2021, 08:43

    Selamat pagi dok, izin berdiskusi saya mendapatkan pasien edema tungkai sebelah kiri +/- 1 bulan yg lalu, riwayat jatuh di tungkai kiri bulan Desember. Saat ini nyeri tidak ada, bengkak tidak ada, sesak (-), bak normal banyak, makan bagus daging2, lalu saya rujuk ke sppd . Dok kemungkinan penyebab dari edema unikateral ini apa ya ? Saya tidak merujuk ke ortopedi dikarenakan tidak ada gangg bergerak, nyeri (-), kemerahan (-)

25 Januari 2021, 11:06

Alo dr. Ayu, 

Edema merupakan peningkatan volume cairan interstitium jaringan lunak yang biasanya terjadi di daerah perifer, yaitu ekstremitas atas atau bawah. Selain bisa bersifat general, bilateral, unilateral ataupun fokal, edema juga bisa terjadi pada kondisi ringan atau kondisi serius yang memerlukan tatalaksana segera. 

Penyebabnya sendiri bisa dikarenakan peningkatan tekanan hidrostatik kapiler, penurunan tekanan onkotik plasma, peningkatan permeabilitas kapiler, dan obstruksi limfatik. Tentu untuk dapat mempersempit kemungkinan diagnosis, perlu dilakukan anamnesis menyeluruh, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang sesuai, dok. 

Untuk informasi tambahan terkait edema perifer, bisa dokter akses pada link berikut ini ya, dok : 


https://www.alomedika.com/red-flag-edema-perifer

26 Januari 2021, 09:05
Terimakasih dok🙏🙏
26 Januari 2021, 09:08
Terimakasih dokter , yg membingungkan sudah lama keluhannya tidak ada perubahan kulit maupun warna, nyeri jg tidak ada sekiranya lebih mengarah Krn trauma itu atau penyakit sistemik yg lain ya dok?
25 Januari 2021, 15:01
Alo dok.
Setau saya dd dari unilateral udema itu bisa infeksi (misal selulitis, elephantiasis, dll), gangguan pembuluh darah (misal DVT, CVI, dll), atau gangguan limfe (obstruksi atau peradangan).
Demikian dari sy dok, semoga membantu.
26 Januari 2021, 09:07
Terimakasih dokter , yg membingungkan sudah lama keluhannya tidak ada perubahan kulit maupun warna, nyeri jg tidak ada sekiranya lebih mengarah Krn trauma itu atau penyakit sistemik yg lain ya dok?
27 Januari 2021, 06:12
Untuk kondisi seperti ini, pmrksaan fisik akan bs mmbntu kita untuk mnntukan akan evaluasi kmngkinan etiologi yg mna dulu. Prediksi sy pada kasus ini, bila tidak ad nyeri dan tanda2 radang lainnya, sy akan evaluasi ke arah gangguan pembuluh darah dulu. Cari faktor resikonya, apakah ad diabetes atau kondisi hiperkoagubilitas lainnya, lalu dilnjutksn usg pembuluh darah. Bila semua normal, bru saya akan curiga gangguan limfe, mungkin suatu obstruksi.
Demikian, semoga bermanfaat.
26 Januari 2021, 12:37
dr.Andrio Prabowo,SpB
dr.Andrio Prabowo,SpB
Dokter Spesialis Bedah
Alodokter, edema tungkai unilateral mungkin DD/ yg sering  bisa berupa:
- Deep venous thrombosis
- Chronic venous insuficiency
- selulitisUtk pem fisik yg khas mis pd DVT ada pemeriksaan seperti Homan sign, sedangkan CVI bisa ada pemeriksaan Perthes test/Tredelenburg testSedangkan pemeriksaan penunjang yg bisa digunakan:
- lab darah D dimer/fibrinogen
- USG doppler extremitas
- dan yg invasif CT angiografi
26 Januari 2021, 21:26
Terimakasih dok, sgt membantu 🙏