Pilihan terapi pada trigger finger - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, ijin konsul mengenai terapi trigger finger pada pasien wanita 38 tahun dengan keluhan jari manis kiri nyeri jika ditekuk. Keluhan sudah 2 bulan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pilihan terapi pada trigger finger

    Dibalas 03 November 2023, 07:09

    Alo Dokter, ijin konsul mengenai terapi trigger finger pada pasien wanita 38 tahun dengan keluhan jari manis kiri nyeri jika ditekuk. Keluhan sudah 2 bulan hilang timbul, keluhan terutama muncul saat bangun tidur sehingga jika malam hari pasien suka membalut jari manisnya dengan pena kecil supaya tegak hingga paginya.

    Pasien mengaku sebelum di balut dengan pena (ditegakkan) setiap malam, pangkal jari manis sempat bengkak sedikit dan nyeri, namun sekarang tidak bengkak. Tidak ada keluhan kesemutan.

    Riwayat keluhan serupa pernah terjadi beberapa tahun yang lalu namun segera sembuh dalam beberapa hari saja, tidak sampai 2 bulan.

    Nyeri terutama dirasakan di metacarpophalangeal IV sinistra saat fleksi. Gerakan sendi agak kaku jika bangun pagi (setelah balutan pena dilepas), lalu biasanya gerakan kaku menghilang 5 menit kemudian.

    Pada pemeriksaan di lokasi keluhan tidak nampak bengkak, tidak nampak tanda inflamasi, gerakan fleksi aktif maksimal masih dapat dilakukan sendiri oleh pasien dengan perlahan karena nyeri. Tidak ada gangguan sensoris jari, capillary refill time normal.

    Ijin bertanya mengenai terapi pada kasus ini, apakah dapat diberikan NSAID oral terlebih dahulu (selama 1 atau 2 minggu), atau perlu segera injeksi steroid (dirujuk)?

    Terimakasih­čÖĆ

25 Oktober 2023, 23:26
Izin menjawab dok, berikut beberapa pilihan terapi pada trigger finger
•First line terapi dapat diberika NSAID seperti
>Na Diclofebac 75-150mg/hari
>meloxicam 7.5 - 15 mg/hari
>acetamunophen 2-4 gr/hari
>dll
•injeksi lokal kortikosteroid
•konsul rehab medik dan fisioterapi
• injeksi proioterapi
•operatif
26 Oktober 2023, 12:02

ijin berdiskusi dokter. dari penjabaran dokter di atas, pasien sepertinya masuk dalam Tipe 1 (pretrigger). Menurut hemat saya, treatment yang dilakukan konservatif dulu, yakni dengan istirahat, imobilisasi, dan fisioterapi. Untuk keluhan nyerinya bisa diberikan analgesik topikal, atau jika memang sangat mengganggu dan dirasa perlu bisa ditambahkan analgesik oral (OAINS atau PCT).

Terapi konservatif ini bisa dicobakan selama 1-3 bulan, kemudian bila tidak ada perbaikan bisa diberikan injeksi kortikosteroid. Jika tidak ada perbaikan, baru ke terapi bedah. cmiiw.

Referensi: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9757962/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6756654/

28 Oktober 2023, 10:56
Terimakasih dok🙏
02 November 2023, 23:47
dr.Ferrdy Pratama Wijaya, SpN
dr.Ferrdy Pratama Wijaya, SpN
Dokter Spesialis Saraf
1 lagi harus di ingat komplikasi NSAID terlalu lama.
02 November 2023, 23:46
dr.Ferrdy Pratama Wijaya, SpN
dr.Ferrdy Pratama Wijaya, SpN
Dokter Spesialis Saraf
Tergantung klinis seberapa berat. Kalau sudah berat bisa langsung operasi. Terapi konservatif non intervensi biasanya kurang memuaskan. Minimal injeksi kortikosteroid. Saran saya rujuk ke spesialis yang kompeten saja dok
03 November 2023, 07:09
Baik, terimakasih atas sarannya dok🙏