Pertumbuhan tinggi badan yang ideal pada anak - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, izin bertanya, pasien bertanya kepada saya untuk menambah tinggi badan balita usia 20 bulan yang sudah 3 bulan tingginya tidak kunjung bertambah,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pertumbuhan tinggi badan yang ideal pada anak

    25 Desember 2019, 03:10

    Alodokter, izin bertanya, pasien bertanya kepada saya untuk menambah tinggi badan balita usia 20 bulan yang sudah 3 bulan tingginya tidak kunjung bertambah, sehingga di kurva tidak menunjukan peningkatan, namun berat badan bertambah. 

    Balita 20 bulan tersebut tinggi badan 79 cm dengan berat 11.5kg, kurva pertumbuhan berat badan terus naik, namun tinggi badan 3 bulan berturut-turut tidak. Tinggi badan ibu 160 cm ayah 170cm.

    Pertanyaan saya

    1. Kapan harus khawatir mengenai pertumbuhan tinggi badan anak dalam kurva pertumbuhan dengan status BB/TB yang masih baik? 

    2. Orang tua menanyakan suplemen apa yang bisa memaksimalkan pertumbuhan tulang dan tinggi anak. Bolehkah direkomendasikan vitamin D3, kalsium, vitamin C dll tanpa sebelumnya mengecek kadar vitamin/mineral tersebut dalam darah?

    3. Jika merekomendasikan aktivitas fisik, kegiatan apa dengan intensitas berapa yang sesuai untuk anak usia tersebut agar memperkuat tulang dan otot nya? 


    Terima kasih Dokter, mohon pencerahan dan saran nya, salam🌺

25 Desember 2019, 05:52

Alo Dok,

IMHO, jika dokter tdk naik namun menetap di garis hijau maka  tentu tdk masalah ya dok, krn BB/TB nya masih  baik. Dokter nanti bisa merujuk jika tinggi badan kurang dari -2 SD. Berikut saya lampirkan interpretasi growth chart ya dok.

Mengenai suplemen, rasanya tdk bijak jika memberikannya tanpa ada bukti dan tanda defisiensi, krn sumber vitamin dan mineral bisa diperoleh dari makanan dan susu. Mungkin boleh dianjurkan pada orangtua agar mengatur pola makan dgn benar, utk membentuk kebiasaan makan yg baik juga.

Aktivitas fisik pada anak bisa diajurkan yg berguna utk mengembangkan kemampuan motorik dan sensorik anak dok, secara sederhana tercantum dalam buku KMS juga dok. 

25 Desember 2019, 10:13
Terima kasih Dokter :)
26 Desember 2019, 07:16
Alodokter, sekedar menambah ya dok,

Anak pendek itu ada beberapa penyebabnya
1. Variasi normal: karena familial short stature (genetik) atau Constitutional Delay of Growth and Puberty (biasanya nanti akan tambah sendjri tingginya saat puberitas)
2. Tidak normal: misal karena masalah hormonal (biasanya disertai BB/TB meningkat), masalah nutrisi/stunting (BB/TB turun), kelainan kromosom, atau skeletal

Saya sertakan bagan di bawah yaa.

Jadi memang harus dievaluasi dahulu asal muasal penyebabnya. Belum tentu normal, namun belum tentu juga tidak normal.

CMIIW semoga membantu dok😊
27 Desember 2019, 02:27
Baik Dokter, terima kasih atas sharingnya Dokter, sangat bermanfaat sekali :) nanti saya sharing ke pasien kalau ada yang bertanya lagi ya Dokter:)
26 Desember 2019, 07:18
Dam setuju dok, untuk tahu normal tidaknya, harus diplotbke kurva. Karena TB bisa saja tidak naik namun di kurva ttp naik, dan sebaliknya😊