Perempuan usia 63 tahun dengan kemerahan dan gatal di wajah - Kulit Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Diah, Sp.KKIzin bertanya dok, mhn maaf menyambung diskusi yg kemarin ya dok­čÖĆPasien perempuan usia 63 tahun mengeluhkan muncul kemerhan da┬áterasa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perempuan usia 63 tahun dengan kemerahan dan gatal di wajah - Kulit Ask the Expert

    23 Februari 2022, 15:43

    Alo dr. Diah, Sp.KK

    Izin bertanya dok, mhn maaf menyambung diskusi yg kemarin ya dok­čÖĆ

    Pasien perempuan usia 63 tahun mengeluhkan muncul kemerhan da terasa sangat gatal pada bagian wajah sebelah kanan sampai lipatan leher kanan dan pada daerah sekitar lipatan ketiak sebelah kiri. Kemerahan di wajah dan gatal sudah sangat lama sekitar hampir 2 tahun dan sudah berobat ke beberapa dokter umum namun belum ada perbaikan. Rwyt penggunaan produk kosmetik disangkal.

    Untuk daerah wajah saat itu saya diagnosis dengan dermatitis dd/ tinea fasialis kemudian saya terapi sementara dengan mometason cream 0,1 % dioleskan 2 kali sehari, dan cetirizine 2 x 10 mg. Setelah 5 hari pengobatan ternyata memberikan respon yg baik dengan kortikosteroid topikal, hanya masih sedikit kemerahan. Berikut saya lampirkan foto sebelum pengobatan dan setelah pengobatan.

    Pertanyaan saya dokter

    Berapa lama pemberian kortikosteroid topikal di wajah dapat diberikan? Apakah cream yg saya berikan sebaiknya dilanjutkan?

    Kemudian saya tidak mengetahui penyebab pasti atau jenis dermatitis nya, edukasi apa yg sebaiknya saya berikan untuk mencegh kelainan kulit tersebut muncul kembali.

    Terimakasih banyak dokter

23 Februari 2022, 16:07
dr.Diah Puspitosari
dr.Diah Puspitosari
Dokter Spesialis Kulit

Alodokter, melihat responnya yang baik terhadap pemberian kortikosteroid, maka diagnosis tinea fascialisnya tersingkir ya. Untuk pemberian mometason apabila kulit sudah membaik seperti ini, saran saya berikan sampai 7 hari saja, setelah itu dapat dilanjutkan dengan pemberian pelembap yang sesuai untuk kondisi kulit yang sensitif, bersifat hypoallergenic, bebas parfum, dan mengandung bahan pelembap yang baik seperti ceramid, urea, atau mengandung anti inflamasi ringan seperti aloe vera, argan oil, chamomile. Penggunaan pelembap secara rutin dapat memperbaiki sawar kulit dan mengurangi risiko kekambuhan pada pasien. Terima kasih. 

23 Februari 2022, 16:11
Baik dr. Diah terimakasih informasinya, sangat bermanfaat😊🙏
24 Februari 2022, 22:36
dr.Diah Puspitosari
dr.Diah Puspitosari
Dokter Spesialis Kulit

Terima kasih kembali dok, sehat selalu