Perbandingan antara injeksi Botox dan asam hialuronat dalam mengatasi masalah kerutan - Bedah Plastik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Erythrina Permata Sari, Sp.BP-RE(K), izin bertanya dokter.Dari segi kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang mana yang lebih dianjurkan antara...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perbandingan antara injeksi Botox dan asam hialuronat dalam mengatasi masalah kerutan - Bedah Plastik Ask The Expert

    07 September 2021, 14:13

    Alo dr. Erythrina Permata Sari, Sp.BP-RE(K), izin bertanya dokter.

    Dari segi kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang mana yang lebih dianjurkan antara injeksi Botox dan asam hiapuronat dalam mengatasi masalah kerutan?

    Terimakasih sebelumnya dokter atas informasinya.

07 September 2021, 15:41
dr.Erythrina Permata Sari
dr.Erythrina Permata Sari
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Alo dr. Nurul, terima kasih untuk pertanyaannya,

Botox dan asam hialuronat bekerja dengan cara yang berbeda dalam mengatasi kerutan.

Botox bekerja dengan cara  menghalangi aktivitas saraf dan otot sehingga terjadi kelemahan / kelumpuhan sementara waktu (4- 6 bulan) yang menyebabkan  kerutan berkurang atau menghilang dan langsung terlihat.

Asam hialuronat bekerja dengan cara menarik air sehingga kulit menjadi lebih terhidrasi - kulit menjadi lembut dan kencang sehingga kerutan menghilang. Asam hialuronat bertahan lebih lama (bisa sampai 12 bulan ) tetapi tidak langsung terlihat setelah diberikan.

Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan, hal ini perlu disampaikan kepada pasien dalam informed consent sehingga pasien dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhannya.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat