Perawatan kulit hitam pada pasien yang mengkonsumsi ARV - Kulit Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dr. Fresa Nathania Rahardjo, M. Biomed, Sp.KK. izin bertanya dok: beberapa ODHA mengeluhkan kulit menghitam setelah pemakaian ARV. Bagaimana...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perawatan kulit hitam pada pasien yang mengkonsumsi ARV - Kulit Ask the Expert

    Dibalas 05 Januari 2022, 11:10

    Selamat pagi dr. Fresa Nathania Rahardjo, M. Biomed, Sp.KK. izin bertanya dok: beberapa ODHA mengeluhkan kulit menghitam setelah pemakaian ARV. Bagaimana perawatan kulit yang baik pada kondisi tersebut dok?. Mohon penjelasannya­čÖĆ

05 Januari 2022, 11:05
Alo dokter, terima kasih atas pertanyaannya🙏.  untuk hiperpigmentasi akibat terapi ARV  paling sering disebabkan pemberian Zidovudine.  dengan cara menginduksi sintesis melanin di bawah kulit. Seringkali obat ini menyebbkn terjadi reaksi hipersensitivitas di kulit dan menyebabkan hiperpigmentasi pasca  inflamasi. Terapi yang bisa dilakukan adalah dengan fotoproteksi, karena paparan sinar UV dapat memperparah kondisi ini. Lalu bisa dicoba dilakukan terapi laser NDYAG. Namun karena obatnya  masih perlu terus dikonsumsi mungkin hasil terapi akan kurang bermakna.  Semoga dapat membantu ya dok🙏🙏
05 Januari 2022, 11:10
Terimakasih atas penjelasannya dok🙏