Pasien wanita usia 50 tahun dengan keluhan kepala yang sering bergerak tanpa disadari - Saraf Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, dr. Ade Wijaya, Sp.S!Izin bertanya, Dok. Saya punya pasien wanita berusia 50 tahun yang mengeluh kepalanya sering bergerak tanpa disadari. Menurut...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita usia 50 tahun dengan keluhan kepala yang sering bergerak tanpa disadari - Saraf Ask The Expert

    26 Januari 2021, 13:40

    ALO, dr. Ade Wijaya, Sp.S!

    Izin bertanya, Dok. Saya punya pasien wanita berusia 50 tahun yang mengeluh kepalanya sering bergerak tanpa disadari. Menurut keluarga, gerakan kepala ini seperti mengangguk2 atau gemetar, yang biasanya berkurang apabila pasien diberitahu oleh keluarga ketika gerakan sedang terjadi. Pasien tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Hasil pemeriksaan fisik juga dalam batas normal. Apakah ini termasuk titubasi, Dok? Kira-kira apa penyebab kondisi ini dan pemeriksaan penunjang apa yang perlu dilakukan?

26 Januari 2021, 14:15
dr. Ade Wijaya SpN
dr. Ade Wijaya SpN
Dokter Spesialis Saraf

Alo dr. Ciho Olfriani. 

Gambaran klinis seperti deskripsi tersebut memang kemungkinan suatu titubasi.

Titubasi merupakan salah satu bentuk gangguan gerak (head tremor) yang bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti: kelainan di serebelum, multiple sclerosis, tremor esensial, atau tremor esensial. 

Pemeriksaan penunjang tentunya disesuaikan dengan kecurigaan klinis salah satu yang sangat diperlukan adalah pemeriksaan MRI otak.