Pasien wanita usia 30 tahun dengan floater - Mata Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang Dr. Syauqie Sp. M izin bertanya dok: wanita 30 th mengeluh melihat ada bayang2 , hasil pemeriksaan slit lamp dan OTC dikatakan dalam batas...

Diskusi Dokter

23 Maret 2022, 16:01
dr. Muhammad Syauqie SpM(K)
dr. Muhammad Syauqie SpM(K)
Dokter Spesialis Mata

Selamat siang dr. Nailla,

Terima kasih atas pertanyaannya, kasus floaters yang stabil (tidak bertambah) sering disebabkan adanya deposit lipid pada vitreus terutama pada penderita dislipidemia. Sehingga, perlu dilakukan pemeriksaan profil lipid pada pasien tersebut dan apabila hasil pemeriksaan abnormal maka pengobatan dislipidemia secara teratur dapat mengurangi gejala floaters tersebut. Diet rendah lemak juga diperlukan supaya keluhan tidak berulang kembali. Medikamentosa lainnya ataupun vitamin/suplemen tidak diperlukan. Bila profil lipid terkontrol, keluhan floaters dapat menghilang perlahan yang umumnya memerlukan waktu 4-6 bulan.

Bila profil lipid normal, pasien juga perlu diperiksa apakah menderita kelainan refraksi karena kondisi astigmatisma juga dapat menyebabkan penglihatan berbayang meskipun tajam penglihatan normal. Jadi belum tentu kondisi berbayang tersebut berupa floaters, karena floaters umumnya dideskripsikan pasien sebagai bintik hitam atau rambut yang melayang dan bergerak mengikuti arah pandangan kita.

Semoga bisa menjawab ya!

23 Maret 2022, 16:04
Baik, penjelasannya sangat membantu dok, memang pasien tersebut obesitas, terimakasih atas penjelasannya dok
23 Maret 2022, 16:22
dr. Muhammad Syauqie SpM(K)
dr. Muhammad Syauqie SpM(K)
Dokter Spesialis Mata
Sama-sama