Penyebab dan penanganan sleep paralysis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokterIzin bertanya mengenai sleep paralysis. Ada pasien dan kenalan saya yang mengalami sleep paralysis, dan bukan sesekali saja, namun beberapa kali...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penyebab dan penanganan sleep paralysis

    05 Agustus 2019, 16:10

    Alo dokter


    Izin bertanya mengenai sleep paralysis. Ada pasien dan kenalan saya yang mengalami sleep paralysis, dan bukan sesekali saja, namun beberapa kali dan cukup mengganggu, karena sangat tidak nyaman


    Umumnya dialami pada saat terbangun, dimana mata terbuka dan dapat bergerak, namun tidak dapat bergerak sama sekali dan mengalami sulit bernafas (gejala sleep paralysis). 


    Sleep paralysis diduga terjadi akibat bagian dari REM terjadi pada saat terbangun, sehingga tidak dapat bergerak karena diinhibisi. Namun, mengapakah bisa terjadi hal tersebut, dan bagaimana kah cara mengatasi nya?


    Padahal pola tidurnya sudah cukup baik, olahraga teratur, dan pola makan yang baik. Berat badan ideal, tidak mengorok, tidak ada OSAS, dll. 


    Mohon pendapat dan arahannya ts, bagaimana cara mengatasi nya dan perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis apakah?


    Terima kasih🙏

05 Agustus 2019, 16:51
Alo dr. Andrew,

Sleep paralysis ini umum sekali terjadi ya.. sepertinya hampir setiap orang mengalaminya. Meskipun ada yang hanya sekali seumur hidup dan ada yang sampai beberapa kali dalam sebulan.

Untuk sleep paralysis, sebenarnya tidak berbahaya. Namun jika memang sudah mengganggu kualitas hidup (misalnya jadi sering mengantuk karena sulit tidur lagi setelahnya) sebaiknya memang dianjurkan untuk diperiksakan ke dokter.  Jika ada gejala ke arah narkolepsi, bisa juga dirujuk ke neurologi.

Berikut link artikelnya dok semoga membantu https://www.nhs.uk/conditions/sleep-paralysis/
06 Agustus 2019, 07:18
Terima kasih dokter 🙏
05 Agustus 2019, 20:37
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Sleep paralysis merupakan suatu kondisi dimana terdapat ketidakmampuan untuk bergerak pada saat awal atau akhir tidur sementara subjek telah terbangun. Hal ini terjadi karena inhibisi motorik yang seharusnya terjadi pada fase tidur REM tetap ada sekalipun kesadaran pasien mulai timbul. 

 

Sleep paralysis dapat terjadi pada individu sehat yang sebelumnya mengalami deprivasi tidur, juga dapat merupakan bagian dari gangguan tidur narkolepsi. 

 

Tatalaksana meliputi mengatasi kondisi dasar yang menyebabkan deprivasi tidur ataupun narkolepsi, memperbaiki pola dan higiene tidur, dapat pula diberikan obat golongan antidepresan trisiklik atau sodium oxybate.

 

Sumber: Panduan Tatalaksana Gangguan Tidur. PERDOSSI. 2018

06 Agustus 2019, 07:06
Terimakasih atas infonya ya Dok. 
06 Agustus 2019, 07:18
Baik terima kasih dokter 🙏😊