Pasien usia 25 tahun post melahirkan memiliki keluhan nyeri tajam pada perut bawah dan sulit untuk flatus - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, Saya memiliki pasien usia 25 tahun, riwayat melahirkan anak keempat 3 bulan yll. Keluhan utama dengan nyeri tajam pada perut bawah daerah kandung...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien usia 25 tahun post melahirkan memiliki keluhan nyeri tajam pada perut bawah dan sulit untuk flatus

    22 November 2020, 08:48

    Alodokter, Saya memiliki pasien usia 25 tahun, riwayat melahirkan anak keempat 3 bulan yll. Keluhan utama dengan nyeri tajam pada perut bawah daerah kandung kemih hingga tidak bisa bergerak bahkan berjalan. BAK warna normal, tidak nyeri, tidak ada rasa berpasir. Demam tidak ada, nyeri pinggang tdk ada. BAB normal, terakhir 1 hari yll. Keluhan akan hilang setelah pasien flatus. riw. flatus sebelumnya tidak ada keluhan. Riw. keluhan yang sama terjadi saat 4 bulan melahirkan anak pertama dahulu..

    PF: TD vital dbn

    thorax : dvn

    abdomen: inspeksi: umbilikal menonjol, bising usus (+) N, NT (-), NT suprapubik (-)

    ext: dbn

    Kira2 apa diagnosisnya ya dok?mau dibilang ileus ga ada gangguan pd pemeriksaan fisik, dan anehnya cuma hilang dengan kentut. adakah memang emboli pada usus?atau bagaimana ya dok?terimakasih untuk jawabannya dok..

22 November 2020, 14:48
dr. Irfansyah, SpB
dr. Irfansyah, SpB
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter..Pada pasien dg keluhan susah kentut dan nyeri pda perut bagian bawah... pertajam anamnesis tanda2 obstruksi seperti mual, muntah, perut kembung, tidak bisa bab dan tidak bisa flatus. Lalu pemeriksaan fisik abdomen, apakah perut tampak datar atau cembung, darm kontur/steifung, dengarkan suara bising usus dan palpasi adakah nyeri tekan. Bila perlu lakukan pemeriksaan foto polos abdomen 3 posisi utk menilai distribusi udara usus dan adakah distensi usus halus/besar.Bila tanda obstruksi tidak ada,, pasien tidak kembung, bisa bab.. msh bs flatus walo sedikit, artinya pasase usus msh lancar..Yg perlu digali kemudian adalah asal nyeri pd perut bagian bawah. Gali lbh dalam lg, apakah ada masalah pd organ lain sprt organ kandungan atau tractus urinarius. Bila perlu lakukan pemeriksaan USG abdomen..
22 November 2020, 18:50
terimakasih banyak dok informasinya sangat membantu. untuk mual, muntah, tidak ada dok.  Sesuai dengan pertimbangan dokter, pasien akan saya anjurkan melakukan pemeriksaan radiography dan usg abdomen dok..
22 November 2020, 18:40
Adakah hemorroid dok? Mengingat beliau multipara.
22 November 2020, 18:51
tidak ada dok..