Rasionalitas pemberian progesterone pada kehamilan normal - Diskusi Dokter

general_alomedika

Sore docs,Hendak menanyakan, saya bbrp kali dapat user yg dr kehamilan pertama di awal hamil mendapatkan preparat progesteron untuk memperkuat kehamilannya....

Diskusi Dokter

  • Rasionalitas pemberian progesterone pada kehamilan normal

  • Sore docs,

    Hendak menanyakan, saya bbrp kali dapat user yg dr kehamilan pertama di awal hamil mendapatkan preparat progesteron untuk memperkuat kehamilannya. Ketika saya tanya ternyata mereka tdk pernah ada flek maupun mulas2 dsbnya. Riwayat spt keguguran di kehamilan sebelumnya (bagi yg sdh pernah hamil) jg kadang tdk ada. Bbrp mendapat anjuran tsb dr bidan tp tdk sedikit jg yg dr dokter kandungan.

    Apa mgkn ada panduan khusus terkait pemberian progesteron pada wanita hamil ya? Apa boleh diberikan hanya sebagai prevensi atau hanya dgn indikasi ada ancaman misalnya?

    Terima kasih

      dr.Bedry Qintha
    Moderator
    Alo dokter Jonathan!
    Menurut publikasi di NEJM ini, bahkan pada wanita dengan recurrent miscarriage dikatakan tidak bermanfaat (https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJMoa1504927)
    Studi lain (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3987350/) juga menyatakan penggunaannya pada abortus iminens tidak berbeda bermakna dengan placebo.
    Saya belum menemukan meta analisis, systematic review, ataupun RCT pada wanita yang hamil tanpa keluhan sih.. Tapi kalo pada pasien dg abortus saja dinyatakan tidak bermanfaat, sepertinya pada kehamilan yg sehat apalagi.. Tapi mungkin TS lain punya data lain.