Pengaruh penggunaan sabun khusus daerah kewanitaan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok, seperti yg para dokter ketahui selama ini, dokter sering menyarankan untuk tidak menggunakan sabun khusus daerah kewanitaan karena sabun tsb dpt...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pengaruh penggunaan sabun khusus daerah kewanitaan

    05 Januari 2020, 00:02

    Alodok, seperti yg para dokter ketahui selama ini, dokter sering menyarankan untuk tidak menggunakan sabun khusus daerah kewanitaan karena sabun tsb dpt menyebabkan ketidakseimbangan ph vagina dan dapat membunuh bakteri baik yg menjaga kesehatan vagina.


    Pasien bertanya, mengapa bpom meloloskan penjualan sabun2 tsb di pasaran jika efek yg ditimbulkan seperti itu?


    Sepaham saya, dalam hal ini mungkin bpom menguji sebuah produk dgn kandungan apa saja yg ada di dlm suatu produk beserta kadarnya, dan apakah dgn kandungan kadar tertentu tsb dpt menimbulkan kebahayaan jika digunakan oleh masyarakat.


    Dalam menanggapi pertanyaan pasien yg seperti itu, bagaimana sebaiknya kita sebagai dokter menjelaskannya? Terimakasih dok.

05 Januari 2020, 10:16
dr. WS Nugroho, SpOG
dr. WS Nugroho, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Salam Alodokter. Memang agak sulit menjelaskannya. Apalagi utk menjelaskan alasan BPOM mengapa meloloskan produk tersebut. Namun secara akal sehat saja sebenarnya produk2 tersebut adalah produk utk personal hygiene yg bila digunakan sewajarnya tentu ada manfaat yg didapat. Jangan lupa juga bahwa dalam kondisi yg optimal, tubuh dalam hal ini organ reproduksi perempuan memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan. Mungkin bila pemakaian dilakukan secara berlebihan atau kondisi tubuh tdk optimal, terjadilah gangguan keseimbangan.
06 Januari 2020, 12:55

Alo Dok,

IMHO, jika diloloskan oleh BPOM, artinya suatu produk tidak memiliki kandungan berbahaya/toksik. Namun, untuk manfaat dan efek sampingnya tentu bisa saja berbeda antar individu dok. Misal, pada individu A, sabun tsb justru memicu keputihan namun pada individu B justru produk tsb membantu mengurangi keluhan gatal. 

Yang perlu ditekankan adalah cara penggunaan harus sesuai petunjuknya karena banyak sekali pasien yang menggunakannya berbeda dgn tujuan awal suatu produk didaftarkan atau justru berlebihan pemakaiannya. Contoh M*nja*k*n* ada yang berupa sabun/cairan pembersih khusus kewanitaan dan pil, nah yang pil sering dimasukkan ke dalam vagina padahal seharusnya dikonsumsi via oral. 

08 Januari 2020, 14:02
dr. Monalisa Manik, MKed, SpKK
dr. Monalisa Manik, MKed, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
👍👍