Penggunaan Eye Patch untuk Abrasi Kornea - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter!Ada pasien laki-laki, usia 20 tahun, sangat aktif dan banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, mengalami erosi kornea karena matanya kemasukan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan Eye Patch untuk Abrasi Kornea

    23 Agustus 2018, 15:01
    dr. Marianti
    dr. Marianti
    Dokter Umum

    Alo dokter!



    Ada pasien laki-laki, usia 20 tahun, sangat aktif dan banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, mengalami erosi kornea karena matanya kemasukan pasir.



    Menurut dokter, apakah pasien tersebut perlu diberikan eye patch? Karena saya pernah dengar, penggunaan eye patch pada abrasi kornea malah akan memperlambat proses penyembuhan.

23 Agustus 2018, 15:48
Halo Dok, izin menambahkan, berdasarkan website Cochrane di artikel Tahun 2016, dikatakan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara memberikan "eye patch" dan tidak memberikan "eye patch" pada pasien dengan abrasi kornea. Kalaupun ada manfaat dari eye patch, masih terlalu kecil untuk dijadikan salah satu metode penanganan abrasi kornea, bahkan pemakaian eye patch lebih dari 24 jam malah meningkatkan rasa tidak nyaman bahkan nyeri bertambah parah.

Mungkin yang lain punya jurnal terbaru bisa menambahkan.
23 Agustus 2018, 16:10
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Kalau menurut penelitian yang saya baca ini, eye patch malah tidak disarankan ya Dok. Penggunaan eye patch+antibiotik+midriatik malah meningkatkan rasa nyeri dan waktu pemulihan pada pasien dibandingkan antibiotik+midriatik saja.

23 Agustus 2018, 16:11
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

@drFalah Wah, jurnal yang saya baca malah lebih tua nih.. Tapi intinya sih sama, pemakaian eye patch malah doing harm ke pasien jadi jangan gunakan eye patch untuk abrasi kornea..

24 Agustus 2018, 14:57
dr.Valenchia, Sp.M
dr.Valenchia, Sp.M
Dokter Spesialis Mata
halo dok..

untuk erosi kornea sekarang patchingnya menggunakan bandage lens bukan lg dengan kassa tempel sehingga obat tetes antibiotik bisa tetap diberikan. mengapa penting pemakaian bandage lens agar epitel kornea yg baru terbentuk tidak lg sloughing karena
blinking yg terlalu keras.. pd pasien yg erosinya karena riw kelilipan yg harus dipastikan adalah tidak ada foreign body terutama di konjungtiva fornix atau tarsal yg tersisa sehingga baiknya harus ke dr mata untuk diperiksa dgn slitlamp dok.. tks