Penggunaan Deksametason injeksi pada Urtikaria ibu hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam, mohon izin bertanya saya pernah menemui kasus dengan ibu hamil dan Urtikaria yang tidak membaik dengan pemberian cetirizin. Apakah pemberian...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan Deksametason injeksi pada Urtikaria ibu hamil

    15 Maret 2021, 23:06
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat malam, mohon izin bertanya saya pernah menemui kasus dengan ibu hamil dan Urtikaria yang tidak membaik dengan pemberian cetirizin. Apakah pemberian dexamethasone injeksi aman diberikan pada pasien tersebut?

16 Maret 2021, 07:46

Alo dokter..

Deksametason sistemik menurut FDA masuk dalam kategori C, sedangkan FDA masuk kategori A (peroral) dan C (parenteral). Deksametason sistemik ada bukti berisiko pada janin, tetapi boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diperoleh lebih besar dari risikonya, misalnya untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa.

Pada hewan model tikus dan kelinci, deksametason bersifat teratogenik. Beberapa studi menunjukkan bahwa penggunaan deksametason sistemik dapat menyebabkan bibir sumbing (trimester pertama), bayi menderita hipoadrenalisme, dan mengalami resistensi insulin saat dewasa.

Referensi: https://www.alomedika.com/+obat/obat-endokrin/kortikosteroid/dexamethasone/penggunaan-pada-kehamilan-dan-ibu-menyusui

https://www.drugs.com/pregnancy/dexamethasone.html