Penggunaan antikejang di daerah terpencil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter. Salam sejawat, TS saya ingin bertanya untuk saat ini saya bekerja di daerah yang cukup terpencil yang tidak memiliki anti kejang dalam sediaan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan antikejang di daerah terpencil

    16 Desember 2022, 09:33
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter. Salam sejawat, TS saya ingin bertanya untuk saat ini saya bekerja di daerah yang cukup terpencil yang tidak memiliki anti kejang dalam sediaan supp (rectal) , dimana beberapa kali sering di jumpai kasus seizure pada anak dan dewasa, sedang kan pada saat terjadi serangan sangat sulit utk mengakses IV line pada pasien utk dilakukan injeksi antikejang.

    Kira kira dok bagaimana dan apa yang harus saya lakukan ketika menjumpai kasus kasus dan keadaan tersebut?

    Terima kasih TS sebelumnya

16 Desember 2022, 10:51
Alo dokter, pertanyaan seperti ini sebenarny cukup sulit dijawab ya mengingat mungkin di Indonesia saja yang begini begini bisa terjadi (keterbatasan obat sarana dan prasarana). Saya asumsikan selain obat-obatan, alat alat juga tidak ada ya dok berarti seperti CVC dll. Begini dok, saya mencoba memberi alternatif saja. Ada beberapa obat yang masih bisa diberikan secara intramuscular meskipun memang efek yang diberikan onsetnya akan lebih lama, dan efeknya bisa tidak maksimal karena absorbsi yang terjadi dari pemberian IM. Pertama diazepam masih bisa diberikan secara IM, tetapi tetap perlu diingat bahwa diazepam walaupun efeknya cepat hilang, tetapi obat tersebut masih ada di dalam tubuh sampai 21-35jam setelah diberikan. Hilangnya efek yang dari diazepam disebabkan karena proses redistribusi yang tinggi dari obat ini, jadi tetap perlu dilakukan monitoring, terutama tentang bahaya depresi nafas. Kedua bisa diberikan midazolam intramuscular. Kalau dokter punya obat ini di sana, rasanya akan sangat membantu dan tidak perlu observasi terlalu lama karena eliminasi obat ini jauh lebih cepat dibanding diazepam yaitu hanya sekitar 5-7jam saja. Ketiga bisa diberikan phenobarbital secara intramuscular. Keempat juga bisa diberikan ketamine secara intramuscular. Terima kasih dokter
16 Desember 2022, 18:02
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih dokter atas jawabannya, untuk injeksi dari Diazepam sendiri dapat berlaku pada pasien bayi dan anak juga ya dok?
Lalu lokasi injeksi sendiri secara IM apakah ada area khusus? Atau melalui bokong pasien dapat dilakukan injeksi antikonvulsan tersebut?
16 Desember 2022, 18:03
Alo dok
Pada pasien dengan kejang menurut panduan algoritma tatalaksana kejang  dari Perdossi misalnya tidak didapatkan akses intravena bisa diberikan Diazelam rektal dengan dosis 0.2 - 0.5 mg/kgbb dengan maksimal dosis  20 mg (single dose)
Walaulun level of evidence nya lebih tinggi pada diazepam intravena atau midazolam intramuskular.
16 Desember 2022, 18:53
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Apabila di tempat hanya tersedia dalam sediaan ampul, Untuk pemberian diazepam ampul sediaan IV IM sendiri apakah efektif dok apabila dilakukan pengenceran dan dilakukan pemberian melalui rectal?
Karna kerap kali yang dilakukan "kebiasaan" tersebut. Mohon informasi nya dok
16 Desember 2022, 10:45

ALO Dokter

Izin ikut berdiskusi ya. Beberapa obat antikonvulsan dapat diberikan secara intramuskular atau buccal (misalnya midazolam) ketika akses intravena tidak memungkinkan. Mungkin dokter dapat mengkomunikasikan kembali dengan pengurus fasilitas kesehatannya agar bisa mencari dan menyediakan obat antikonvulsan yang paling bisa didapatkan di daerahnya ya.

16 Desember 2022, 11:01
dr. Ade Wijaya SpN
dr. Ade Wijaya SpN
Dokter Spesialis Saraf

alo dr. 

Setuju utk kasus ini dapat diberikan diazepam IM.