Penebalan kulit di jari tangan dan jempol kaki - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, ijin konsul, pasien wanita 24 tahun dengan keluhan kulit menebal di beberapa lokasi (yang dilingkari di foto) di jari-jari tangan kanan dan kiri,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penebalan kulit di jari tangan dan jempol kaki

    25 September 2023, 08:53

    Alo Dokter, ijin konsul, pasien wanita 24 tahun dengan keluhan kulit menebal di beberapa lokasi (yang dilingkari di foto) di jari-jari tangan kanan dan kiri, juga jempol kaki kanan dan kiri. Keluhan sudah sejak SMP, tidak gatal, tidak nyeri, tidak mengganggu, tidak mati rasa, tidak mengelupas-kelupas sendiri, hanya menebal saja sehingga pasien risih.

    Kulit bisa menebal hingga ketebalan tertentu dimana pasien biasa sengaja mengelupas/mengurangi ketebalan kulit menggunakan gunting kuku setiap 3-4 minggu sekali.

    Penebalan kulit ini tidak mengganggu sehingga kalaupun tidak "ditipiskan" dengan gunting kuku pun ketebalan kulit tidak bertambah-tambah (hanya menebal hingga ketebalan tertentu saja, proses penebalan tidak terus berlanjut). Pasien mengaku menipiskan dengan gunting kuku hanya karena risih saja.

    Kulit yang paling sering "ditipiskan" dengan gunting kuku adalah bagian jempol tangan kanan, setiap 3-4 minggu sekali, dan bagian jempol kaki setiap 6 bulan sekali, sedangkan yang lainnya sudah tidak pernah "ditipiskan" sejak 1 tahunan terakhir, jadi dibiarkan tebal saja.

    Tampakan putih-putih pada sela-sela antara jempol tangan dan jari telunjuk pada foto adalah bekas potongan kulit yg tidak rapih menggunakan gunting kuku.

    Pasien mengaku tidak ingat pemicu munculnya penebalan kulit pertama kali saat SMP.

    Riwayat gesekan pada kulit yang menebal yang mungkin disebabkan kebiasaan/karena pekerjaan: disangkal. Pekerjaan sehari-hari di depan komputer.

    Pemeriksaan sensasi sensoris masih ada, hanya agak lebih kurang dibandingkan kulit sekitarnya yang normal.

    Tampakan kulit seperti kulit normal, tidak eritem, tidak ada skuama, tidak ada tanda inflamasi, batas tidak terlalu nampak tegas tapi jika sy sentuh memang terasa batas bagian yg menebal tapi masih kenyal, tidak keras/padat.

    (Note: tampakan penebalan jempol kaki kanan sama dengan kaki kiri, foto jempol kaki kanan tidak dapat diunggah karena batas maksimal upload foto hanya 5 foto)

    Mohon konsul terkait diagnosis yang paling mungkin untuk pasien tersebut dan terapi apa yg perlu diberikan?

    Terimakasih­čÖĆ

    +1
26 September 2023, 08:21

Alo dr. Putri, tampak seperti callus/kapalan, ya dok. CMIIW