Penanganan yang dapat dilakukan serta kapan harus memberi rujukan pada pasien dengan keluhan paha yang bengkak dan bernanah sehabis imunisasi difteri, pertusis, dan tetanus - Diskusi Dokter

general_alomedika

Bagaimana penanganan pertama paha yang bengkak dan bernanah sehabis imunisasi dan kapan perlu dirujuk?

Diskusi Dokter

15 Juni 2020, 12:22

Alo dokter,

Setiap kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) harus dilaporkan ke Komnas PP KIPI. Formulir pelaporan bisa dilihat di Peraturan Menkes RI Nomor 12/ 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi.

Efek samping yang bisa disebabkan vaksin DPT antara lain demam, nyeri dan bengkak pada area bekas suntikan. Reaksi biasanya akan hilang dalam 3-4 hari. Bila anak mengalami bengkak pada area bekas suntikan dapat diberikan kompres air hangat, dan obat antiinflamasi. CMIIW..

 

15 Juni 2020, 12:23
Baik, terimakasih dr. Hudayati ūüôŹ
15 Juni 2020, 14:48

Alo Dok,

Pasca imunisasi wajar bila terjadi indurasi atau eritema. Penanganan pertama adalah dgn pemberian paracetamol dan kompres hangat.Namun bila sampai terjadi abses boleh dilaporkan ke tim KIPI atau kepala puskemas (jika imunisasi dilakukan saat posyandu). KIPI bisa terjadi kapan saja sebenarnya dan nanti pada saat pelaporan juga dicantumkan tanggal kejadian. Setelah dievaluasi, baru dapat ditentukan apakah memang keluhan terjadi karena efek kandungan vaksin, human error akibat salah teknik/lokasi penyuntikan atau bisa juga merupakan koinsidens (terjadi karena penyebab lain).

Jurnal berikut membahas lengkap mengenai KIPI dok : Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi - Sari Pediatrihttps://saripediatri.org › index.php › sari-pediatri › article › download